atas1

Tak Perlu Khawatir Zonasi Sekolah

Jumat, 31 Mei 2019 | 15:56:07 WIB, Dilihat 258 Kali - Oleh Yvesta Putu Sastrosoendjojo

SHARE


Tak Perlu Khawatir Zonasi Sekolah Mendikbud RI, Muhadjir Effendy (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Baca Juga : IIC Yogyakarta Berbagi dengan Putri Nurul Yasmin


KORANBERNAS.ID -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (mendikbud) RI, Muhadjir Effendy menyatakan, masyarakat tidak perlu khawatir penerapana zonasi yang menyeluruh di semua daerah dalam penerapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Program tersebut hanya akan menghapus label sekolah favorit karena yang favorit seharusnya peserta didik alih-alih sekolah.

Muhadjir memastikan mekanisme PPDB menggunakan zonasi tetap akan kompetitif. Setiap peserta didik akan bersaing untuk mendapatkan sekolah yang terbaik.

"Setiap sekolah nanti harus bagus, harus favorit, standar pelayanan minimum harus terpenuhi bagi peserta didik," kata Muhadjir di Kantor PP Muhammadiyah Yogya, Kamis (30/5/2019) malam.

Kebijakan yang dibuat Kemendikbud seperti PPDB tentu tidak disepakati semua pihak. Kebijakan zonasi ini misalnya, sejumlah orang tua protes karena khawatir anak-anaknya tidak mendapatkan sekolah yang diinginkan.

Zonasi yang diterapkan diharapkan akan menghilangkan kesenjangan sekolah. Sebab bila dibiarkan terus menerus akan menjadi persoalan terhadap sistem pendidikan di Indonesia seperti terjadinya kastanisasi di sekolah.

"Kalau sudah terjadi kastanisasi maka ada sekolah favorit dan ada sekolah buangan. Jadi kalau ada yang komplain itu pasti, padahal ini juga sudah kita antisipasi," tandasnya.

Karenanya Muhadjir berharap orang tua memahami ukuran favorit bukan sekolah melainkan kualitas masing-masing peserta didik. Sehingga dimanapun anak-anak tersebut sekolah, mereka tetap bisa berkompetisi bila memang memiliki kualitas.

"Percayalah kalau anak cerdas, di sekolah manapun dia akan tetap cerdas, dia tetap akan pintar. Justru dia bisa berkembang, mempengaruhi teman-teman sekitarnya yang tidak cerdas. Jadi itu bagian dari proses," imbuhnya.(yve)



Jumat, 31 Mei 2019, 15:56:07 WIB Oleh : Surya Mega 291 View
IIC Yogyakarta Berbagi dengan Putri Nurul Yasmin
Jumat, 31 Mei 2019, 15:56:07 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 367 View
Catat, 5 Juni Nanti Lebaran
Jumat, 31 Mei 2019, 15:56:07 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 307 View
Sudahi Provokasi, Elite Politik Harus Tanggungjawab

Tuliskan Komentar