atas1

Tak Lama Lagi, Jogja Miliki Apartemen yang Jamin Bebas Narkoba

Kamis, 20 Jun 2019 | 19:23:14 WIB, Dilihat 185 Kali - Oleh Surya Mega

SHARE


Tak Lama Lagi, Jogja Miliki Apartemen yang Jamin Bebas Narkoba Brigjend Pol Drs Triwarno Atmojo bersama Rudy Harsono dan staf usai penandatanganan kerjasama, Kamis (20/6/2019)

Baca Juga : Kasus Desa Bantul Dilimpahkan Kejari


KORANBERNAS.ID—Untuk pertama kalinya, Jogja akan memiliki apartemen yang menjamin penghuninya terbebas dari paparan narkoba. Langkah ini, diawali dengan ditandatanganinya perjanjian kerjasama antara PT PP Properti Tbk selaku pengembang Tana Babarsari Apartement dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY, Kamis (20/6/2019). Kerjasama ini merupakan bagian dari upaya bersama ikut berkontribusi melaksanakan Inpres No 6 Tahun 2019, mengenai P4GN.

Kepala BNNP DIY Brigjen Pol Drs Triwarno Atmojo mengatakan, upaya memerangi penyalahgunaan obat-obatan terlarang/narkotika menjadi kewajiban dan tanggungjawab semua elemen masyarakat. Terlebih di Jogja yang dikenal menjadi kota pendidikan, upaya untuk tersebut menghadapi tantangan yang berat.

“Ada ratusan perguruan tinggi dengan mahasiswa dari seluruh Indonesia. Setiap tahun lebih dari 40 ribu mahasiswa baru datang ke Jogja. Perlu keseriusan dan kerjasama semua pihak, agar kita bisa memerangi peredaran narkoba, terutama di kalangan mahasiswa dan pelajar,” katanya.

Triwarno mengatakan, dari ratusan ribu mahasiswa, sekitar 1,5 persen diantaranya terpapar narkoba atau bersentuhan dengan penyalahgunaan narkoba. Angka ini belum termasuk kasus-kasus yang melibatkan pelajar. Tak heran, kasus-kasus semacam ini ikut mencoreng dunia pendidikan dan menjadikan kekhawatiran kalangan orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya ke Jogja.

“Saya sudah berkeliling wilayah karena tugas. Selalu pertanyaan orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya ke Jogja adalah apakah sekiranya anak mereka nanti aman dari narkoba,” lanjut Triwarno.

Berangkat dari fenomena ini, Triwarno menyambut baik langkah PT PP Properti Tbk yang sejak awal berinisiatif dan ikut andil dalam memerangi peredaran narkoba di masyarakat, dengan menggandeng BNNP. Diharapkan, langkah yang sama diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain dan seluruh elemen masyarakat.

“Kalau seperti apa langkah konkretnya nanti, ya diantaranya mengadakan sosialisasi secara rutin, penyuluhan, tukar menukar informasi hingga kemungkinan rutin mengadakan test urin bagi warga apartemen atau hal lain yang kita pandang bisa dan perlu,” tandasnya.

Vice President Realty PT PP Properti Tbk, Rudy Harsono mengatakan, pihaknya menaruh perhatian serius terhadap upaya-upaya ikut memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba di masyarakat. Sebagai perusahaan yang mengembangkan bisnis apartemen di berbagai kota, pihaknya mengusung konsep hunian yang bersih dari narkoba.

“Ini akan menjadi yang pertama di Jogja, bahkan di Indonesia. Di Asia Tenggara, kamilah salah satu perusahaan yang memprakarsai konsep ini,” katanya menerangkan.

Langkah awal PT PP Properti diawali dengan penandatanganan kerjasamaq dengan BNNP dan menggelar Seminar Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), dengan melibatkan kalangan mahasiswa, pelajar, akademisi dan instansi-instansi terkait.

“Kami ingin ikut menciptakan lingkungan yang bersih dari narkoba. Dengan demikian, kita bisa berharap ke depan citra Jogja akan kembali baik dan orangtua dari berbagai daerah bisa lebih tenang mengirimkan anaknya untuk belajar di Jogja,” kata Rudy. (SM)



Kamis, 20 Jun 2019, 19:23:14 WIB Oleh : Sari Wijaya 458 View
Kasus Desa Bantul Dilimpahkan Kejari
Kamis, 20 Jun 2019, 19:23:14 WIB Oleh : Nanang WH 321 View
Dukung Siapapun yang Terpilih
Kamis, 20 Jun 2019, 19:23:14 WIB Oleh : Prof. Sudjito Atmoredjo, S.H., M.Si. 315 View
Kemenangan dan Kekalahan

Tuliskan Komentar