atas1

Surip Gembira Saat Terima Bantuan Kursi Roda

Kamis, 09 Jan 2020 | 23:05:41 WIB, Dilihat 438 Kali
Penulis : Arie Giyarto
Redaktur

SHARE


Surip Gembira Saat Terima Bantuan Kursi Roda Penyerahan bantuan kursi roda untuk penyandang cacat di LPMK Kelurahan Sorosutan Yogyakarta. (arie giyarto/koranbernas.id)

Baca Juga : BKKBN dan UGM Kaji Masalah Ketahanan Keluarga, Hasilnya?


KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA --  Surip, pria penyandang cacat penduduk Nalen RW 09 Kelurahan Sorosutan Kota Yogyakarta itu terlihat gembira saat menerima kursi roda baru, Rabu (8/1/2020).

Bantuan tersebut diserahkan lurah Sorosutan Kresno Irianto di Sekretariat Bank Sampah “Sinar Lestari” Jalan Sidikan Yogyakarta. Kursi roda berwarna merah cerah kombinasi  hitam itu langsung dicobanya sambil tersenyum.

Menurut Erna, salah seorang pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Sorosutan, pengadaannya menggunakan dana block grant Pemerintah Kota Yogyakarta yang disalurkan melalui LPMK Sorosutan.

Penerimanya tahun ini sebenarnya tiga orang. Dua kursi roda dan satu kruk sudah tersedia di tempat. Tetapi secara simbolis diserahkan kepada Surip. Dua penerima lainnya menyusul. Penyerahan dilakukan bersamaan dengan peragaan penggunaan Destilator Sampah Plastik yang dibeli LPMK Sorosutan.

Menurut Erna, LPMK menerima dana bantuan untuk penyandang cacat setelah menerima usulan permintaan dari petugas sosial setempat. Kemudian dipertimbangkan siapa yang layak dibantu.

Lumpuh sejak kecil

Surip menderita kelumpuhan kaki sejak kecil sehingga harus sepenuhnya dibantu kursi roda untuk mobilitasnya. Meski mengalami keterbatasan fisik, pria ini pandai main musik terutama keyboard dan sering diminta pentas di berbagai acara. "Tapi saat ini keyboard saya rusak. Tidak bisa dipakai lagi," kata Surip kepada koranbernas.id.

Lurah Sorosutan Kresno Irianto berharap kursi roda ini membantu  mobilitas Surip lebih nyaman dibanding kursi roda lama yang dimilikinya.

Usai penyerahan, Surip segera meninggalkan tempat acara menggunakan kursi roda lama. Sementara istrinya yang juga penyandang cacat kaki tapi tetap bisa berjalan. Dia menggunakan sepeda motor modifikasi dengan penambahan roda serta bak samping.

Dengan terampilnya kursi roda itu dilipat dan diangkat  ke atas bak tambahan sepeda motor itu. Dengan senang hati dia bawa pulang kursi roda baru untuk suaminya. (sol)



Kamis, 09 Jan 2020, 23:05:41 WIB Oleh : Arie Giyarto 556 View
BKKBN dan UGM Kaji Masalah Ketahanan Keluarga, Hasilnya?
Rabu, 08 Jan 2020, 23:05:41 WIB Oleh : Arie Giyarto 1976 View
Jangan Buang Sandal Jepit Tak Terpakai, Diolah Jadi Bahan Bakar Minyak
Rabu, 08 Jan 2020, 23:05:41 WIB Oleh : Nila Jalasutra 445 View
Ini Inovasi Terbaru Kantor Kemenag Sleman

Tuliskan Komentar