atas1

Sultan: Mosok Kepsek Buta Huruf, Ini Ada Kesengajaan

Kamis, 27 Jun 2019 | 12:55:55 WIB, Dilihat 429 Kali - Oleh Yvesta Putu Sastrosoendjojo

SHARE


Sultan: Mosok Kepsek Buta Huruf, Ini Ada Kesengajaan Gubernur DIY, Sri Sultan HB X di Komplek Kepatihan, Kamis (27/6/2019). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Baca Juga : Sultan Tolak Terapkan Aturan Zonasi 15 Persen


KORANBERNAS.ID -- Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menyatakan, munculnya kasus SDN Karangtengah III Wonosari, Gunungkidul yang mewajibkan siswanya mengenakan pakaian muslim saat bersekolah pada tahun ajaran baru ini merupakan kesengajaan. Kepala Sekolah (kepsek) seharusnya paham, sebagai sekolah negeri semestinya tidak membuat aturan yang blunder tersebut.

"Katanya kemarin dikatakan ini kekeliuran penafsiran. Lha mbok sekarang faktanya keliru. Mosok kepala sekolah buta huruf, kan ndak. Kalau saya, ini ada kesengajaan dari awal, bukan kekeliuran (penafsiran seperti yang diklaim kepsek)," papar Sultan di Komplek Kepatihan, Kamis (27/6/2019).

Menurut Sultan, untuk mengantisipasi persoalan yang sama, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (disdikpora) dimungkinkan bertemu dengan sejumlah kepala sekolah. Diharapkan masalah tersebut tidak lagi terjadi lagi kedepannya.

"Kan ini sudah selesai, jangan jadi isu lagi," tandasnya.

Sebelumnya Kepala SDN Karangtengah III Puji Astuti mengeluarkan surat edaran bagi peserta didik baru terkait penggunaan seragam. Dalam surat tersebut disebutkan, para siswa diwajibkan mengenakan busana muslim untuk seragam sekolahnya di tahun ajaran baru nanti.

Aturan tersebut kemudian viral dan banyak mendapatkan komentar dari sejumlah pihak. Bahkan Disdikpora Gunungkidul akhirnya harus memanggil kepsek untuk mengkonfirmasi kebijakan tersebut. Kepsek akhirnya meralat aturan tersebut.

Dalam rilisnya pihak sekolah mengklaim bukan mewajibkan melainkan memberi anjuran terkait pakaian muslim. Surat tersebut juga tidak bermaksud membuat aturan yang mendiskriminasi.

Secara terpisah Kadisdikpora DIY, Baskara Aji mengungkapkan kasus tersebut diselesaikan Disdikpora Gunungkidul dengan pihak sekolah. (yve)



Senin, 24 Jun 2019, 12:55:55 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 504 View
Sultan Tolak Terapkan Aturan Zonasi 15 Persen
Senin, 24 Jun 2019, 12:55:55 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 1285 View
Ratusan Abdi Dalem Sowan ke Sultan
Jumat, 21 Jun 2019, 12:55:55 WIB Oleh : Nila Jalasutra 2109 View
Sultan Jadi Saksi Pernikahan Anak Bupati Sleman

Tuliskan Komentar