atas1

Sobo Deso, Bupati Agus Bastian Tebar Bibit Ikan dan Tanam Pohon

Rabu, 19 Feb 2020 | 16:15:56 WIB, Dilihat 379 Kali
Penulis : W Asmani
Redaktur

SHARE


Sobo Deso, Bupati Agus Bastian Tebar Bibit Ikan dan Tanam Pohon Bupati Purworejo bersama istri dan warga Soko dan sekitarnya melakukan jalan sehat, Rabu (19/2/2020). (istimewa)

Baca Juga : Edukasi tentang Novel Coronavirus bagi Karyawan Malio Hotel Management


KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Bupati Purworejo Agus Bastian melakukan lawatan dalam agenda Bupati Sobo Deso, ke desa Piji dan desa Soko, Kecamatan Bagelen, Selasa-Rabu (18-19/2/2020).

Jadwal pertama, Bupati Agus Bastian bersama Wakil Ketua DPRD Frans Suharmaji, Kepala Dinpermasdes Agus Ari Setiyadi dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), meresmikan Gedung Usaha Milik Desa (BUMDes) Harapan Jaya, Desa Piji, Kecamatan Bagelen, Selasa (18/2/2020). Setelah itu, Bupati meninjau Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang dikelola BUMDes Desa Piji.

Kepala Desa Piji, Ismail, menjelaskan wilayah Piji seluas 2.298 hektar yang sebagian besar merupakan lahan pertanian dengan sistem tadah hujan. “Mayoritas petani yang menggantungkan adanya air. Mudah-mudahan nanti pembangunan Bendungan Bener dapat cepat rampung, sehingga Purworejo khususnya Bagelen dapat menikmati air yang diidamkan," kata Ismail.

Ismail menambahkan, gedung BUMDes Harapan Jaya dibangun tahun 2019 menggunakan dana Desa sebesar Rp 160.183.000. BUMDes tersebut selama ini difungsikan dalam pengelolaan air melalui Pamsimas yang dibangun awal tahun 2012. Hingga saat ini yang menggunakan Pamsimas ada 313 pelanggan.

Ia berharap Pemkab dapat memberi bantuan pengadaan sumur bor. Selain itu, Desa Piji masih kekurangaan saluran irigasi. Saat ini masih ada sekitar 2000 meter belum terbangun. Warga Piji juga masih banyak yang belum memasang listrik.

"Kalau boleh kami minta bantuan sumur bor dan peralatannya, agar bisa melayani kebutuhan air semua Desa Piji," ujar Ismail.

Bupati saat memberikan sambutan mengatakan dirinya merasa senang bertemu masyarakat karena ini merupakan kunjungan pertama ke Desa Piji. "Dengan datang, saya menjadi tahu apa yang dibutuhkan warga Desa Piji sehingga bisa kita masukkan dalam program pembangunan," ujarnya.

"Dengan hadirnya BUMDes ini mudah-mudahan dapat meningkatkan pendapatan asli desa yang bisa digunakan untuk kegiatan dan pembangunan Desa Piji. Mudah-mudahan BUMDes Harapan Jaya dapat Jaya memenuhi kebutuhan warga Piji," lanjutnya.

Setelah dari desa Piji, Bupati melanjutkan perjalanan ke desa Soko, Kecamatan Bagelen. Bupati sempat melihat sejumlah produk UMKM dan kerajinan Desa Soko. Bupati juga melihat sejumlah karya seni di galeri milik seniman lokal, Dimas Nanang.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Agus juga singgah di rumah Rudi, warga yang akan mendapat bantuan Rumah Tak Layak Huni (RTLH).

Pada malam harinya, Bupati dan warga Soko bersilaturahmi dalam kegiatan sarasehan. Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan Baznas kepada warga yang membutuhkan.

 

Bupati Agus Bastian meminta agar potensi yang dimilik Desa Soko dapat dimaksimalkan, yaitu untuk karya seni dan UMKM. "Saya minta Pak Kades Soko untuk membuat BUMDes, agar dapat meningkatkan perekonomian warga," kata Bupati.

Pada Rabu (19/2/2020), bupati melakukan jalan sehat bersama pelajar dan warga. Bupati juga melakukan penanaman pohon dan penyebaran bibit ikan di sungai desa setempat. (eru)



Rabu, 19 Feb 2020, 16:15:56 WIB Oleh : Redaktur 451 View
Edukasi tentang Novel Coronavirus bagi Karyawan Malio Hotel Management
Rabu, 19 Feb 2020, 16:15:56 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 435 View
Kini Dana BOS Bisa Langsung ke Rekening Sekolah
Rabu, 19 Feb 2020, 16:15:56 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 331 View
Gojek Melatih Ibu-Ibu Cerdik Berwirausaha

Tuliskan Komentar