atas1

SMSR Yogyakarta Borong Juara Lomba Komik Sejarah

Jumat, 05 Okt 2018 | 00:56:15 WIB, Dilihat 1844 Kali
Penulis : Dwi Suyono
Redaktur

SHARE


SMSR Yogyakarta Borong Juara Lomba Komik Sejarah Pemenang dan nominator Lomba Komik Sejarah foto bersama Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji dan Kepala BPNB DIY Zaimul Azzah. (dwi suyono/koranbernas.id)

Baca Juga : Tombak Kiai Wijaya Mukti Beraroma Cendana


KORANBERNAS.ID – Para pelajar dari Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) Yogyakarta (SMKN 3 Kasihan Bantul) kembali menorehkan prestasi yang membanggakan.

Kali ini, pada event Lomba Komik Sejarah Tingkat SMA/SMK/MA se-DIY Tahun 2018, sekolah tersebut memborong juara.

Lomba bertema Penguatan identitas dan Karakter Kebangsaan Melalui Media Komik Sejarah itu diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) DIY.

Penyerahan hadiah lomba dilaksanakan Kamis (04/10/2018) di Kantor BPNB DIY oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji serta Kepala BPNB DIY, Zaimul Azzah.

Dalam sambutannya Baskara Aji menyampaikan para pelajar tersebut adalah pencipta budaya. Alasannya? Mereka sudah berkontribusi terhadap pengembangan nilai-nilai budaya yakni membangun rasa cinta terhadap bangsa dan negara.

“Membuat komik sejarah itu harus menguasai cerita  dan memahami sejarah,” tuturnya.

Zaimul Azzah menambahkan, lomba ini baru pertama kali digelar oleh BPNB DIY sebagai Unit Pelaksana Teknis dari Direktorat Jenderal Kebudayaan dengan wilayah kerja meliputi tiga provinsi yaitu DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Maksud dari lomba ini untuk menumbuhkembangkan rasa cinta dan bangga generasi muda terhadap sejarah bangsa yang dituangkan dalam kreativitas seni komik sehingga pada gilirannya peserta meneladani sikap dan perjuangan para tokoh yang telah mengukir sejarah bangsa,” kata dia.

Adapun kriteria penilaian meliputi aspek kronologi, kesesuaian data (riset), jalan cerita, autentivitas, estetika dan seni gambar, teknik menggambar dan pewarnaan/arsir.

Adapun dewan juri terdiri dari Indria Maharsi S Sn M Sn dari DKV ISI Yogyakarta, Bahaudin M Hum dari FIB UGM dan Mikke Susanto SSn MA dari FSR ISI Yogyakarta. “Dari 121 karya komik yang masuk ke panitia, terpilih 12 karya terbaik, 6 juara dan 6 nominator,” kata Zaimul.

Juara I diraih oleh Angiring Lakuning Surya dari SMSR Yogyakarta (SMKN 3 Kasihan Bantul) dengan judul Ibu Ruswo, Juara 2 Aisyyah Nur Fitriani dari SMAN 1 Yogyakarta dengan judul karya Sri Sultan bagi Bangsa dan Juara 3 Samala Taman Bunga dari SMSR Yogyakarta (SMKN 3 Kasihan Bantul) dengan judul Bu Ruswo (Penggerak Semangat Perjuangan Kaum Wanita).

Juara Harapan I diraih Daffa Nur Fauzan dari SMAN 2 Wonosari, Juara Harapan 2 Dipta Naufal Aisyahdan dari SMSR Yogyakarta (SMKN 3 Kasihan Bantul) dan Juara Harapan 3 Septi Duwi Putri dari SMAN 1 Jetis Bantul.

Dua orang pelajar yang juga dari SMSR Yogyakarta yaitu Novian Rachmadani Nugraha serta Didan Meviana, terpilih sebagai nominator.

Nominator lainnya adalah Sakantu Bika Mujtaba dari SMAN 2 Bantul, Rizki Kurniawati (SMKN 1 Bantul), Salsabila Rizki Prasasti (SMAN 2 Bantul) dan Alya Naura Hanifah dari SMAN 2 Yogyakarta. (sol)



Kamis, 04 Okt 2018, 00:56:15 WIB Oleh : W Asmani 1317 View
Tombak Kiai Wijaya Mukti Beraroma Cendana
Kamis, 04 Okt 2018, 00:56:15 WIB Oleh : Rosihan Anwar 1043 View
Timnas Futsal Ajak Warga Jogja Bantu Palu
Kamis, 04 Okt 2018, 00:56:15 WIB Oleh : Sholihul Hadi 1041 View
Dua Hidangan Ini Wajib Dicoba

Tuliskan Komentar