atas

Siapkan Lulusan Kompetitif, Ini 10 Caranya

Sabtu, 02 Mar 2019 | 23:57:26 WIB, Dilihat 306 Kali - Oleh Yvesta Putu Sastrosoendjojo

SHARE


Siapkan Lulusan Kompetitif, Ini 10 Caranya Wisuda 150 lulusan Sarjana dan Pascasarjana Periode Maret 2019 UKDW di Auditorium Koinonia UKDW, Sabtu (2/3/2019). (istimewa)

Baca Juga : Mahasiswa Polbangtan Yo-Ma Belajar Jadi Wirausahawan Biofarmaka


KORANBERNAS.ID -- Di era Revolusi Industri 4.0 ini, Perguruan Tinggi (PT) dituntut bisa menghasilkan lulusan yang kompetitif. Sehingga ketika mahasiswa lulus mereka bisa siap terjun ke dunia kerja sesuai kebutuhan pasar.

"Tantangan besar bagi perguruan tinggi saat ini adalah bagaimana mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tuntutan kemajuan jaman yang seperti ini,” ujar Rektor Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D dalam Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Periode Maret 2019 di Auditorium Koinonia UKDW, Sabtu (2/3/2019). Pada periode kali ini UKDW mewisuda 150 lulusan Sarjana dan Pascasarjana.

Menurut Henry, banyak pertanyaan yang perlu dijawab PT. Materi ilmu pengetahuan dan teknologi yang diajarkan di perkuliahan harus relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Sehingga peran manusia nantinya tidak akan tersingkir oleh kemampuan komputer dan robotik yang punya kecerdasan buatan. Karenanya lulusan harus bisa berjuang dimasa depan.

Setidaknya ada sepuluh kemampuan yang perlu terus dikembangkan agar manusia bisa tetap unggul di abad 21. Yakni complex problem solving, critical thinking, creativity, people management, coordinating with others, emotional intelligence, judgment and decision making, service orientation, negotiation, cognitive flexibility.

Jika dilihat dari daftar kemampuan ini, menariknya kemampuan akademik (academic skills) tidak disebutkan secara eksplisit. Namun sebaliknya hai-hal yang dianggap penting justru berkaitan dengan soft skills seperti karakter, sikap, kecerdasan emosi, kerja sama, komunikasi, negosiasi, orientasi melayani dan sebagainya.

“Soft skills di atas sejalan dengan tujuan pembelajaran seutuhnya yang terjadi di UKDW yang menekankan pada kesatuan pendekatan spiritualitas, integritas dan profesionalitas,” tandasnya.

Karenanya setelah lulus dari UKDW, diharapkan para wisudawan siap untuk terus mengembangkan diri dari sisi spiritualitas, karakter, kepribadian, sikap secara positif. Mereka dapat mengaplikasikan kemampuan yang dimilikinya dalam berbagai bidang pekerjaan yang akan ditekuninya.

Selembar ijasah, transkrip akademik, dan sertifikat pendamping ijasah tidaklah otomatis menjamin diperoehnya pekerjaan yang diinginkan apalagi mendapatkan kesuksesan dalam waktu singkat," imbuhnya.(yve)



Sabtu, 02 Mar 2019, 23:57:26 WIB Oleh : Redaktur 352 View
Mahasiswa Polbangtan Yo-Ma Belajar Jadi Wirausahawan Biofarmaka
Sabtu, 02 Mar 2019, 23:57:26 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 16476 View
Gara-gara Wajan Rp 19.900, Rumah Wina Berfuniture Lengkap
Sabtu, 02 Mar 2019, 23:57:26 WIB Oleh : Redaktur 323 View
Pramuka Maarif Banyumas Raih Delapan Penghargaan

Tuliskan Komentar