Selasa, 03 Agu 2021,


siapkan-kuliah-daring-upn-veteran-buka-seleksi-mandiriCalon mahasiswa baru mencari tahu tentang PMB UPN Veteran Yogyakarta di kampus setempat, Jumat (26/6/2020). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)


yvesta
Siapkan Kuliah Daring, UPN Veteran Buka Seleksi Mandiri

SHARE

KORANBERNAS.ID, SLEMAN -- Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ‘Veteran’ Yogyakarta membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri (SM) Program Sarjana (S1) tahun akademik 2020/2021. Kampus ini membuka kuota 20 persen atau 1.160 kursi dari jalur ini. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, mahasiswa baru nanti akan mengikuti kuliah secara daring. Hal ini dilakukan mengingat pandemi COVID-19 yang masih terjadi saat ini.

"Apalagi kemendikbud juga menegaskan perkuliahan masih akan dilakukan secara daring hingga akhir tahun," ujar Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UPN Veteran Yogyakarta, Hendro Widjanarjo di kampus setempat, Jumat (26/6/2020).

Dari pengalaman PMB tahun lalu, program studi di Fakultas Teknologi Mineral (FTM) masih menjadi favorit dengan total jumlah pendaftar 17 ribu dari jalur Seleksi Mandiri. Namun tingkat keketatan pendaftarnya justru di Ilmu Komunikasi. Sedangkan pendaftar terbanyak ada di prodi Manajemen. Tahun ini kampus tersebut mentargetkan jumlah yang sama untuk pendaftar seleksi jalur ini. Sehingga kuota 3.655 mahasiswa baru bisa terpenuhi.

Selain Seleksi Mandiri, kampus tersebut juga membuka jalur pendaftaran lain. Sebanyak 713 mahasiswa baru diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau 20 persen dari daya tampung. Sedangkan dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebanyak 1.782 orang atau 50 persen

Terdapat tiga cara yang bisa dipilih calon mahasiswa untuk ikut dalam seleksi ini. Yakni dari jalur Prestasi, nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC).

"Pendaftaran jalur prestasi dibuka tanggal 26 Juni-14 Juli secara online. Bagi yang masuk melalui jalur prestasi, ada tes ketrampilan yang harus diikuti,” imbuhnya.(yve)


TAGS:

SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini