TNI-stipram

Selama Empat Tahun Dana Desa untuk Infrastruktur

Selasa, 06 Nov 2018 | 20:16:44 WIB, Dilihat 110 Kali - Oleh Nanang WH

SHARE


Selama Empat Tahun Dana Desa untuk Infrastruktur Konferensi pers penyelenggaraan Bursa Inovasi Desa di Press Center Kebumen Selasa (06/11/2018). (nanang wh/koranbernas.id)

Baca Juga : Ini Penyebab Anjloknya Harga Tembakau


KORANBERNAS.ID – Keberadaan Dana Desa yang sudah digelontorkan selama empat belakangan ini sebagian besar digunakan untuk  pembangunan  infrastruktur.

“Pada tahun kelima, anggaran sebagian bisa dimanfaatkan untuk pengembangan inovasi desa,” ungkap Syamsul Hadi, Koordinator Pendamping Desa Kabupaten Kebumen.

Inovasi desa bisa menumbuhkan usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Munculnya inovasi desa yang dikelola BUMDes, bisa menjadi bagian bisnis BUMDes.

Dalam konferensi pers Selasa (06/11/2018) di Press Center Kebumen, dia menyampaikan hingga sekarang inovasi desa muncul di 82 desa di kabupaten ini.

Dari 449 desa, baru berdiri 223 BUMDes. Sedangkan 70 BUMDes sudah mengembangkan usaha bisnisnya, sebagian mengelola inovasi desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan Anak Kebumen, Amirudin, menjelaskan pihaknya terus berupaya menumbuhkan inovasi desa.

“Dari 82 inovasi desa, jumlah itu diharapkan terus tumbuh. Kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) merupakan salah satu cara Pemkab Kebumen merangsang tumbuhnya inovasi desa di desa-desa lainnya,” kata dia.

Amirudin didampingi Kepala Bidang  Pemberdayaan Masyarakat dan  Pembangunan Desa, Yuswandi, menyampaikan gelaran Bursa Inovasi Desa dijadwalkan berlangsung Kamis (08/11/2018).

Ke-82 desa yang telah memiliki inovasi desa diharapkan bisa menjadi contoh atau spirit bagi desa lain untuk menciptakan inovasi serupa. Dengan BID, desa  lain bisa mereplikasi atau mencontoh inovasi desa yang telah ada namun disesuaikan dengan potensi desa.

Yuswandi menambahkan, dari 82 inovasi yang sudah masuk katalog inovasi desa Kabupaten Kebumen, sebanyak 60 desa berinovasi di bidang ekonomi. Adapun bidang sumber daya manusia dan infrastruktur  masing-masing 11 inovasi.

“Baru sebagian  inovasi desa yang dikelola bersama sama dengan  BUMDes,” jelasnya.

Inovasi desa di bidang ekonomi meliputi pengembangan obyek wisata lokal desa, pengembangan kerajinan tangan dan industri rumah tangga kerajinan dan pangan serta beberapa jenis usaha ekonomi. (sol)



Selasa, 06 Nov 2018, 20:16:44 WIB Oleh : Endri Yarsana 50 View
Ini Penyebab Anjloknya Harga Tembakau
Selasa, 06 Nov 2018, 20:16:44 WIB Oleh : Endri Yarsana 48 View
Dusun Gedongan Jadi Kampung KB
Selasa, 06 Nov 2018, 20:16:44 WIB Oleh : Arie Giyarto 2407 View
Cerita di Balik Kampung Anggur Plumbungan Bantul

Tuliskan Komentar