sejumlah-obyek-wisata-akan-dibuka-lagi-pengunjung-tetap-harus-memakai-maskerKomandan Satpol PP Kabupaten Bantul, Yulius Suharta, enyerahkan APD kepada anggota Satlinmas Rescue Istimewa di Pantai Parangritis. (sari wijaya/koranbernas.id)


sri-wijaya

Sejumlah Obyek Wisata akan Dibuka Lagi, Pengunjung Tetap Harus Memakai Masker

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL – Pelaksanaan New Normal atau tatanan baru di Kabupaten Bantul akan ditandai pembukaan kembali sejumlah obyek wisata pantai. Diberlakukan aturan wisatawan tetap harus memakai masker.

“Anggota Sarlinmas harus mengawasi pengunjung. Sekiranya ada yang tidak memakai masker, Sarlinmas harus mengingatkan,” ungkap Yulius Suharta S Sos MSi, Komandan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bantul.


Baca Lainnya :

Saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) Apel Sarlinmas Rescue Istimewa Wilayah III dan IV di Pantai Parangtritis, Jumat (26/6/2020), dia menyampaikan Sarlinmas harus tanggap terhadap situasi terkait pandemi Covid-19.

“Selain bertugas melakukan pencarian dan penyelamatan saat terjadi kecelakaan laut mereka juga harus paham prosedur ketika wisatawan berkunjung,” katanya.


Baca Lainnya :

Wisatawan diminta mencuci tangan pakai sabun, mengenakan masker, menjaga jarak satu dengan yang lain serta menghindari kerumunan.

Tidak tertutup kemungkinan saat obyek wisata dibuka lagi pengunjung datang dari berbagai wilayah. Protokol kesehatan bisa dilaksanakan di wilayah III meliputi Pantai Parangtritis, Pantai Depok dan wilayah IV meliputi  Pantai Samas, Pantai Goa Cemara dan Pantau Kuwaru.

Tak hanya wisatawan, menurut Yulius, anggota Sarlinmas juga bertugas mengingatkan dan mengawasi para pelaku usaha untuk menyediakan tempat cuci tangan pakai sabun serta menyediakan tempat duduk berjarak. Mereka wajib mengenakan masker saat berjualan atau melayani wisatawan.

Apel yang diikuti 99 anggota Sarlinmas ditambah unsur TNI dan Polri kali ini diisi pengarahan terhadap ketugasan yang diemban. Dibagikan pula Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker dan face shield kepada anggota Sarlinmas Rescue Istimewa untuk menunjang keamanan dan keselamatan.

Yulius menambahkan, posisi ketugasan Sarlinmas Rescue Istimewa sebagian merupakan ketugasan SAR. Intinya adalah melakukan pencarian dan penyelamatan sekiranya ada kejadian bencana atau laka laut.

“Hari ini apel digelar selain untuk menyambut New Normal, juga untuk  ngaruhke terhadap ketugasan Sarlinmas wilayah III dan IV. Banyak hal yang harus dievaluasi, sehingga perlu optimalisasi untuk menunjang ketugasan kita," kata Yulius.

Dia mengajak menjaga kekompakan dalam rangka melaksanakan tugas. “Di pantai tentu ada tugas penegakan Perda,” katanya.  (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini