atas1

SDN Purworejo Juara Budaya Mutu Nasional

Sabtu, 26 Okt 2019 | 12:17:07 WIB, Dilihat 204 Kali - Oleh W Asmani

SHARE


SDN Purworejo Juara Budaya Mutu Nasional SDN Purworejo yang berhasil menjadi juara dalam Lomba Budaya Mutu (LMB) tingkat Nasional 2019. (w asmani/koranbernas.id)

Baca Juga : Pelajar Tak Lagi jadi Murid Tapi Inovator


KORANBERNAS.ID--SDN Purworejo berhasil menjadi pemenang dalam Lomba Budaya Mutu (LMB) tingkat Nasional,  yang diselenggarakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI di Hotel Mercure Surabaya pada 15-18 Oktober 2019 lalu. Lomba ini menilai mutu sekolah  merupakan  faktor  penting dalam membentuk siswa menjadi manusia yang memiliki sikap optimis, berani, terampil, ulet, disiplin, berfikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif.

Sekolah yang memiliki keunggulan budaya mutu dapat dilihat dari beberapa variabel seperti manajemen sekolah, proses pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler dan kinerja  perpustakaan. Selain itu Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), yang bermuara pada capaian prestasi sekolah.

Kepala Sekolah SDN Purworejo, Sugiyarti MPd di sekolah setempat, menuturkan bahwa pihaknya sebelumnya telah mengirimkan portofolio terlebih dahulu ke Kemendikbud. Pada akhir bulan September, Kemendikbud melakukan visitasi. Setelah visitasi SDN Purworejo diumumkan masuk  grand final yang diselenggarakan di Surabaya.

"Saya berangkat menuju Surabaya,  didampingi guru," jelasnya.

Menurut Sugiyarti, dalam lomba tersebut dia mempresentasikan dan tugas guru membantu. Lima komponen menjadi syarat penilaian lomba seperti manajemen berbasis sekolah (MBS),  pembelajaran,  perpustakan,  UKS dan ekstra kurikuler. Dari lima komponen tersebut, kategori UKS meraih juara pertama.

Jawa Tengah dalam lomba tersebut diwakili enam SD. Selain SDN Purworejob, ada perwakilan sekolah dari Banjanegara, Kebumen, Wonosobo dan Sokaharja dengan keseluruhan peserta ada 120 peserta se-Indonesia.

"Kami mendapat hadiah berupa medali,  trophy dan uang pembinaan sebesar 25 juta," jelasnya.(yve)



Sabtu, 26 Okt 2019, 12:17:07 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 298 View
Pelajar Tak Lagi jadi Murid Tapi Inovator
Sabtu, 26 Okt 2019, 12:17:07 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 202 View
BNPB Wadahi UMKM Terdampak Bencana
Sabtu, 26 Okt 2019, 12:17:07 WIB Oleh : Endri Yarsana 162 View
Diawali Puasa Tiga Hari, Bupati Ajak Warganya Salat Istisqa

Tuliskan Komentar