atas1

Santri Juga Diajari Kewirausahaan

Rabu, 14 Agu 2019 | 23:21:02 WIB, Dilihat 403 Kali - Oleh Sari Wijaya

SHARE


Santri Juga Diajari Kewirausahaan PPPA “Rhaudatul Jannah” Dusun Bondowuluh, Desa Poncosari,Kecamatan Srandakan, Bantul menggelar produk UMKM di pondok tersebut, Rabu (14/8/2019). ( Sari Wijaya/koranbernas.id)

Baca Juga : Pembangunan Parasamnya Harus Sesuai Spek


KORANBERNAS.ID--Berdiri sejak tahun 2014, Pondok Pesantren Penghapal Alquran (PPPA) “Rhaudatul Jannah” Dusun Bondowaluh, Desa Poncosari,Kecamatan Srandakan Bantul menekankan pentingnya para santri untuk memiliki jiwa kewirausahaan (Enterpreneurship)  selain fokus di bidang agama dan penghapal Alquran.
        
Sehingga kelak para santri yang kini jumlahnya ada 46 orang, selain memiliki pemahaman agama dan Alquran yang baik, juga bisa berwirausaha termasuk berperan  serta memberdayakan masyarakat. Juga mampu memanfaatkan potensi sekitar untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan.

“Jadi istilahnya mereka nanti akan mampu berjihad secara ekonomi,”kata pengasuh PPPA “Rhaudatul Jannah”, Ustadz Sidik Pramono Widagdo saat gelar produk  UMKM di PPPA, Rabu (14/8/2019) siang.
    
Adapun upaya yang dilakukan oleh pengasuh pondok, diantaranya  bekerjasama dengan kedokteran hewan UGM dimana saat ini sudah mampu mengembangkan ternak 30 ekor kambing. Juga belajar memasak  dengan chef dari Hotel Atrium termasuk ada juga pelatihan pengolahan sampah.
      
Dilakukan juga pelatihan membuat kerajinan besek, dengan melibatkan masyarakat sekitar. Dimana saat Idul  Adha lalu, besek sudah digunakan  untuk membagi daging korban. Juga menjalin kerjasama dengan banyak  Perguruan Tinggi (PT) untuk bisa mengembangkan jiwa wirausaha seperti  dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) maupun UIN Sunan Kalijaga. Juga pengembangan perkebunan dan pertanian dengan menggandeng kampus IPB maupun Kampus Intan Yogyakarta.
 
“Di sini potensi pertanian dan perkebunan bisa dikembangkan. Jadi pondok ini bukan hanya konsen di internal tetapi juga lingkungan. Jadi saya ingin membangkitkan ekonomi umat,” katanya.

Salah satu contoh yang sudah dibuat adalah membuat alat pemanjat pohon kelapa yang aman bagi masyarakat.(yve)



Rabu, 14 Agu 2019, 23:21:02 WIB Oleh : Sari Wijaya 308 View
Pembangunan Parasamnya Harus Sesuai Spek
Rabu, 14 Agu 2019, 23:21:02 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 422 View
Rudiantara Kagumi Aubade Universitas Gajah Mada
Rabu, 14 Agu 2019, 23:21:02 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 438 View
Anak Penjual Bakso Asal Bantul, Ikut Kibarkan Bendera Pusaka di Istana Negara

Tuliskan Komentar