saat-pandemi-covid19-warga-minggiran-utara-justru-punya-kebun-sayurHeriyadi, Ketua RT 02 RW 04 Dusun Minggiran Utara, Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, di tengah kebun sayur warga. (heru cn/koranbernas.id)


heru

Saat Pandemi Covid-19, Warga Minggiran Utara Justru Punya Kebun Sayur

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN – Pandemi Covid-19 ternyata menjadi hikmah tersendiri bagi warga RT 02 RW 04 Dusun Minggiran Utara, Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten. Sebab, mereka kini punya kebun ketahanan pangan yang ditanami aneka jenis sayuran.

Panen perdana kebun sayur itu dilakukan pada Minggu (28/6/2020), dan langsung dimasak oleh ibu-ibu. Sebagai ungkapan syukur, warga RT 02 RW 04 Dusun Minggiran Utara kemudian menggelar acara makan bersama di rumah Koko Lumbantoruan. Ada kepuasan tersendiri menikmati sayuran hasil budidaya yang dilakukan sendiri oleh warga setempat.


Baca Lainnya :

“Hari ini warga RT 02 RW 04 Minggiran Utara bersyukur dengan acara makan bersama dari hasil panen kebun sayur sendiri. Mudah-mudahan ini menjadi sarana bagi warga agar semakin rukun dan kompak,” kata Heriyadi, Ketua RT 02 RW 04 Minggiran Utara, di sela-sela acara makan bersama.

Ide membuat kebun ketahanan pangan ini tercetus di tengah kebijakan stay at home dan work from home akibat pandemi Covid-19. Maka, kebun kosong seluas sekitar 200 meter persegi milik Supantini, disulap menjadi kebun aneka sayuran.


Baca Lainnya :

Supantini adalah warga asli RT 02 RW 04 Minggiran Utara yang telah lama berdomisili di Yogyakarta. Kebun miliknya di kampung halaman itu kemudian dipinjamkan kepada warga. Disamping kebun itu menjadi lebih terawat, juga bermanfaat bagi warga.

Masih dalam suasana stay at home dan work from home, warga RT 02 RW 04 Minggiran Utara kemudian bergotong royong membersihkan kebun dan mengolah tanah. Warga pun berpatungan membeli bambu untuk rak, membeli bibit tananam dan pupuk. Warga juga kemudian dibuatkan jawal harian untuk pemeliharaan kebun, seperti memupuk, mencabuti rumput dan menyiram tananam.

Nantinya, hasil kebun ketahanan pangan ini akan dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan sayuran harian bagi warga RT 02 RW 04 Minggiran Utara. “Jika hasil panen sayuran berlebih, bisa dijual ke RT atau RW lainnya. Tapi pada prinsipnya untuk mencukupi kebutuhan sayuran harian bagi warga RT 02 dulu,” kata Heriyadi.

Di tengah pandemi Covid-19, warga RT 02 RW 04 Minggiran Utara justru memiliki kebun sayur yang sekaligus menjadi sarana bagi warga untuk bertemu serta semakin mempererat tali silaturahmi. (eru)


Video Terkait:



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini