atas1

Ryamizard Dinginkan Tensi Lewat Silaturahmi

Selasa, 11 Jun 2019 | 22:21:37 WIB, Dilihat 453 Kali - Oleh Rosihan Anwar

SHARE


Ryamizard Dinginkan Tensi Lewat Silaturahmi Menhan Ryamizard Ryacudu bersilaturahmi ke sejumlah tokoh agama dan unsur pimpinan pusat Muhammadiyah. Termasuk di antaranya berkunjung ke kediaman Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Selasa (11/6/2019) siang, yang terletak di Dusun Peleman Desa Tamantirto Kabupaten Bantul. (rosihan anwar/koranbernas.id)

Baca Juga : Malioboro Bebas Kendaraan, Ini Dia Tanggalnya


KORANBERNAS.ID -- Safari kunjungan dan silaturahmi dilakukan Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu selama satu hari, Selasa (11/6/2019), di Yogyakarta. Kunjungan Menhan ini bertepatan dengan jumpa pers yang digelar Mabes Polri tentang dalang kerusuhan 22 Mei kemarin.

Ryamizard mengunjungi tiga tokoh sekaligus dimulai dari mantan Ketua Umum Muhammadiyah dan pendiri Ma’arif Institute, Prof Syafi’i Ma’arif, dilanjutkan ke kediaman Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. Kunjungan diakhiri dengan menjenguk Ketua PP Muhammadiyah bidang Tarjih dan Tajdid Prof Yunahar Ilyas yang tengah dirawat di rumah sakit.

Kepada sejumlah media, Ryamizard mengatakan kunjungan tersebut sebagai bentuk silaturahmi kepada tokoh-tokoh organisasi Islam terbesar di Indonesia, seperti Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama atau NU. Ia pun mengelak kunjungan tersebut dikaitkan dengan situasi politik terkini.

“Ini halal bi halal, jangan habis Lebaran langsung dugem-dugem,” kata Menhan yang mengundang gelak tawa.

Ryamizard mengungkapkan, safari silaturahmi juga akan dilakukan ke sejumlah tokoh dan pemuka agama lainnya. Kunjungan silaturahmi ke Ketua Umum PBNU juga akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Kalau NU (Ketua Umum) lagi ke Malaysia. Nanti kalau Ketua NU sudah pulang ya saya ke sana,” ujarnya singkat saat ditanya koranbernas.id.

Menhan Ryamizard Ryacudu juga menegaskan pihaknya terus menjalin komunikasi dengan seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama menjaga Indonesia agar tetap aman dan damai. Ryamizard pun tak menampik anggapan kunjungan tersebut ditujukan untuk meredakan tingginya eskalasi suhu politik di Tanah Air.

“Saya kan (silaturahmi) ke ulama, ke prajurit, ke Kodam-Kodam. Saya selalu jalankan (komunikasi),” tandasnya.

Sementara itu Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyatakan silaturahmi yang dilakukan Menhan tidak secara khusus memperbincangkan situasi politik nasional.

“Pak Menhan sering silaturahmi ke saya, ke Buya (Syafi’i Ma’arif) kalau ke Jogja,” katanya.

Ryamizard, menurut Haedar, memberikan apresiasi dan harapan kepada Muhammadiyah agar turut mengawal NKRI di masa depan.

“Karena pandangan beliau organisasi Islam yang besar yang punya sejarah di republik ini, kemudian bangsa dan negara ini juga memerlukan peran gerakan-gerakan keagamaan,” ungkap Haedar.

Lebih lanjut Haedar Nashir saat berbicara kepada media meminta agar seluruh elemen bangsa Indonesia mampu menjaga fondasi NKRI yang telah dibangun atas jerih payah perjuangan para pendahulu dan pahlawan bangsa. (yve)



Selasa, 11 Jun 2019, 22:21:37 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 792 View
Malioboro Bebas Kendaraan, Ini Dia Tanggalnya
Senin, 10 Jun 2019, 22:21:37 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 507 View
Idulfitri, Kolusi Manusia dengan Tuhan
Senin, 10 Jun 2019, 22:21:37 WIB Oleh : Masal Gurusinga 623 View
Tol Salatiga-Bawen Lebih Padat Ketimbang Jalan Arteri

Tuliskan Komentar