atas1

Rumah Sakit Ini Berhasil Lulus Akreditasi

Kamis, 24 Jan 2019 | 22:32:32 WIB, Dilihat 2078 Kali - Oleh Nila Jalasutra

SHARE


Rumah Sakit Ini Berhasil Lulus Akreditasi Ketua Eksekutif KARS DR dr Sutoto M Kes, Rabu (23/1/2019) di Gedung KARS Epicentrum Walk Jakarta Selatan menyerahkan akreditasi RSUD Prambanan yang diterima oleh Direktur RSUD Prambanan drg Isa Dharnawidjaja MKes.(istimewa)

Baca Juga : Petahana Harus Tanggungjawab di Akhir Jabatan


KORANBERNAS.ID--Mengawali tahun 2019, RSUD Prambanan berhasil lulus akreditasi berdasarkan penilaian 5-8 Desember 2018, yang dilakukan oleh Komisi Akreditasi rumah sakit dengan predikat “Paripurna”.
Sertifikat diserahkan langsung oleh  Ketua Eksekutif KARS DR dr Sutoto M Kes, Rabu (23/1/2019) di Gedung KARS Epicentrum Walk Jakarta Selatan diterima oleh Direktur RSUD Prambanan drg Isa Dharnawidjaja MKes.

RSUD Prambanan merupakan Rumah Sakit Umum Kelas C di Kabupaten Sleman dan berdasarkan Undang Undang No 44 tahun 2009 tentang rumah sakit, disebutkan bahwa upaya peningkatan mutu pelayanan Rumah Sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3  tahun sekali dan Akreditasi Rumah Sakit tersebut dapat dilakukan oleh suatu lembaga independen baik dari dalam maupun luar negeri berdasarkan standar akreditasi yang berlaku.

Ketentuan tentang akreditasi rumah skait telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2017 tentang akreditasi Rumah Sakit yang merupakan pedoman bagi rumah sakit dalam melaksanakan akreditasinya sebagai upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien.

Akreditasi sendiri merupakan suatu hal yang wajib yang dilakukan oleh Rumah Sakit di Indonesia baik Kelas A hingga Kelas D. Tujuan pengaturan akreditasi adalah untuk meningkatkan perlindungan bagi masyarakat, sumber daya manusia di rumah sakit dan rumah sakit sebagai institusi, mendukung program pemerintah di bidang kesehatan dan meningkatkan profesionalisme rumah sakit Indonesia di mata internasional.

Mulai 1 Januari 2018 diberlakukan SNARS (Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit) Edisi 1 yang merupakan standar akreditasi rumah sakit yang mudah dipahami sehingga mudah diterapkan, yang lebih mendorong peningkatan mutu, keselamatn pasien, dan manajemen resiko, termasuk di rumah sakit pendidikan, serta mendukung program nasional bidang kesehatan dengan jenis penilaian 15 bab untuk RS Non Pendidikan dan 16 bab untuk RS Pendidikan.

Menurut drg Isa, pihak RSUD Prambanan telah berhasil melaksanakan ketugasan rumah sakit sesuai dengan kriteria penilaian yang dilakukan tim akreditasi sehingga berhasil lulus. Adapun jenis jenis penilaiannya meliputi sasaran keselamatan pasien, Standar pelayanan berfokus pasien, standar manajemen rumah sakit, pelaksanaan program nasional meliputi Menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi, menurunkan angka kesakitan HIV/AIDS, menurunkan angka kesakitan TB, pengendalian resistensi antimikroba, dan pelayanan geriatri serta integrasi pendidikan kesehatan dalam pelayanan di rumah sakit. (yve)



Kamis, 24 Jan 2019, 22:32:32 WIB Oleh : Masal Gurusinga 837 View
Petahana Harus Tanggungjawab di Akhir Jabatan
Kamis, 24 Jan 2019, 22:32:32 WIB Oleh : Nanang WH 899 View
Video Banjir Ikan Bertebaran di Jalan Wadaslintang Hoaks
Kamis, 24 Jan 2019, 22:32:32 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 819 View
Mahasiswa Malaysia Belajar jadi Pengantin

Tuliskan Komentar