atas1

Reunian Sekolah Ini Tak Sekedar Silaturrahim

Sabtu, 08 Jun 2019 | 18:17:39 WIB, Dilihat 2042 Kali - Oleh Prasetiyo

SHARE


Reunian Sekolah Ini Tak Sekedar Silaturrahim Alumni SMAN 1 Purbalingga lulusan tahun 1989, atau 30 tahun lalu. (istimewa)

Baca Juga : Jan Ethes Borong Batik di Beringharjo


KORANBERNAS.ID—Hampir 200 alumni SMA Negeri 1 Purbalingga lulusan tahun 1989 atau lulusan  ke 28 yang dikenal dengan Ganesha (G-28), Kamis (6/6/2019) menggelar reuni di  sekolah setempat. Reuni berlangsung gayeng, penuh keakraban dan semangat kepedulian

Ketua panitia reuni akbar 30 tahun alumni SMAN 1 Purbalingga tahun 1989,  Arif Wibowo mengatakan, reuni kali ini  yang mengusung tema “Seduluran Selawase” ini terkesan berbeda dibanding reuni-reuni sebelumnya. Sebab selain ada deklarasi  dan memilih kepengurusan, juga sarat muatan sosial.

“Kami merasa sebagai keluarga besar, dan pernah disatukan jadi siswa SMAN 1 Purbalingga selama tiga tahun. Jadi, sudah seharusnya kami saling membantu kepada yang membutuhkan,” ujar  Arif Wibowo.

Sebelum pelaksanaan reuni, telah  dilakukan sejumlah kegiatan sosial. Diantaranya,  memberikan santunan pendidikan anak-anak keluarga alumni yang kurang beruntung atau telah meninggal,  dan  kepada sejumlah guru mereka yang kini telah memasuki usia senja.

Kegiatan sosial lainnya, donor darah, menyumbang  empat unit AC (Air Condition) untuk ruang guru, bantuan modal usaha untuk alumni,  dan bedah rumah.          

"Kami  ingin kegiatan ngumpul-ngumpul semacam reuni ini tak sekadar temu kangen, atau bernostalgia. Ya, itu memang baik, dan perlu. Tapi ke depan, mengingat kita telah dihadapkan kepada dinamika perubahan yang sangat cepat, sebutlah Revolusi Industri 4.0, kita mesti berorientasi kepada karya,” ujar Arif Wibowo, kandidat doktor di Institut Pertanian Bogor (IPB) yang kini bekerja di  Kementerian Kesehatan RI ini.

Arif  Wibowo dan rekan-rekan alumni  bertekad ingin menjadi bagian dari perubahan bangsa. Untuk itulah organisasi alumni mesti  dibentuk sebagai wahana untuk melakukan inventarisasi potensi alumni, agar kesejahteran alumni  yang belum beruntung bisa  meningkat.

Sejauh ini, sejumlah alumni  SMAN 1 Purbalingga tahun 1989 telah menduduki jabatan penting  di pemerintahan maupun swasta. Contohnya, Elija Setiawan yang kini menjadi Kepala Kantor Pelayanan Pajak di Batulicin, Kalimantan Selatan.  Kemudian  Warso Hartono (pengusaha sukses),  Anton Sutedjo (bisnis batubara), Sigit Jatmiko (bidang peternakan), Andriatno (bisnis alat-alat kesesehatan).

Kemudian,  Isti Handayani (dosen biokimia), Suryanto (dosen Kesehatan Masyarakat),  Septo Prabowo (dosen Ekonomi Makro), Sudono (dosen pertambangan). Sedangkan  yang berkarir di militer, rata-rata telah menduduki pangkat perwira. Beberepa profesi lainnya yang ikut hadir di reuni, beragam, ada adokter, advokat, guru, banker, jurnalis, penulis dan sebagainya.

Arif mengatakan,  esensi kesuksesan   tidak hanya diukur dari  pangkat, jabatan atau status sosial. Namun seberapa jauh  mereka yang telah sukses itu memberi manfaat bagi orang lain.

"Kita ingin merawat keragaman, karena semua orang itu penting. Justru melalui ikatan alumni G-28 ini kita ingin bergerak bersama," ujar Arif.

Salah seorang alumni, Supriono mengatakan, acara reuni seperti ini selain untuk menggugah memori lama, juga untuk membangun semangat  kepedulian kepada sesama alumni  yang belum beruntung.

“Kami berharap, semakin banyak alumni yang peduli kepada alumni lain yang belum beruntung,” tutur Supriono yang kini bekerja sebagai konsultan pajak di Jakarta ini.

Salah seorang alumni lainnya, Nurfi menambahkan,  gairah kebersamaan ini tidak berhenti di deklarasi, membentuk organisasi, lalu selesai dan sepi kegiatan. 

“Kami ingin ada program yang berkelanjutan untuk membantu kepada sesama yang membutuhkan. Itulah makna seduluran selawase," kata Nurfi yang juga pengusaha ini. (yve)

 


Sabtu, 08 Jun 2019, 18:17:39 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 570 View
Jan Ethes Borong Batik di Beringharjo
Jumat, 07 Jun 2019, 18:17:39 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 10648 View
Makan di Angkringan, Jokowi Diserbu Warga
Jumat, 07 Jun 2019, 18:17:39 WIB Oleh : Nanang WH 573 View
Lalulintas Jalur Selatan Macet, Pansela Lancar

Tuliskan Komentar