atas1

Resep Hidup Nyaman ala Dr KH Khoiruddin Bashori

Minggu, 19 Mei 2019 | 00:09:51 WIB, Dilihat 448 Kali - Oleh Arie Giyarto

SHARE


Resep Hidup Nyaman ala Dr KH Khoiruddin Bashori Dr KH Khoiruddin Bashori MSi. (arie giyarto/koranbernas.id)

Baca Juga : Evalube Gandeng Bikers Bukber di Panti Asuhan


KORANBERNAS.ID – Orang-orang yang bertakwa akan selalu diliputi rasa bahagia. Mereka senantiasa bersyukur apabila mendapat nikmat dari Allah SWT. Sebaliknya bersabar dan tidak selalu mengeluh bila mendapat musibah.

Berdasarkan kajian ilmu psikologi, menurut Dr KH Khoiruddin Bashori MSi, bahagia dan bersyukur itu hanya bisa dirasakan dengan hati sendiri. Bila seseorang mampu menerima realita dengan interpretasi positif maka hidupnya lebih nyaman.

Berbicara di depan majelis pengajian Ulama Umaro yang digelar Persaudaraan Djamaah Hadji Indonesia  (PDHI) putaran kedua, Jumat (17/5/2019), Khoiruddin menyatakan, sayangnya banyak orang tidak sabar.

“Urip kuwi mung wang sinawang,” ujarnya mengutip ungkapan orang tua zaman dulu.

Rata-rata orang melihat orang lain bahagia karena jauh lebih kaya, tanpa mengerti berbagai persoalan yang dihadapi.

Bila tidak mampu mengendalikan hati dan perasaannya, orang bisa stres oleh hal-hal sepele. Karenanya, iman dan takwa harus menjadi kunci penting hidup ini.

Wakil dari berbagai  instansi, tokoh agama dan masyarakat hadir pada pengajian Ulama Umaro PDHI, Jumat (17/5/2019). (arie giyarto/koranbernas.id)

Tiga pilar

Menurut Ketua Umum PDHI yang menggantikan (alm) Drs H Sunardi Syahuri tersebut, dari kajian psikologi ada tiga pilar untuk mendapatkan rasa bahagia.

Yaitu prestasi, limpahan kasih sayang dari banyak teman yang saling mendukung serta penerimaan atau qonaah sehingga orang yang memperoleh tiga pilar tersebut akan merasa bahagia.

Sedang dari Allah SWT, merujuk pada beberapa surat dalam Al Quran, menurut Ustad yang biasa disapa dengan Irud itu,terdapat dua pilar yakni iman dan amal saleh. “Tetapi orang beriman ada yang asli dan ada yang kw,” ungkapnya.

Mukmin sejati akan merasa selalu terhubung dengan Allah. Hatinya bergetar bila disebut tanda-tanda kekuasaan Allah dan rasa keimanannya semakin tebal.

Selain itu, juga mendapat perlindungan dari Allah serta rezeki yang barokah sehingga hidupnya merasa cukup.

Melalui pendekatan agama dan syariat, pengertian saleh perlu ditambah dengan tepat supaya amal kebaikan itu bisa bener lan pener.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, PDHI menggelar Pengajian Ulama Umaro selama Ramadan setiap Jumat menjelang buka puasa.

Putaran ketiga Jumat (24/5/2019)  akan diisi oleh Ustad dr H Agus Taufiqurrohman SpS. Dia akan meninjau puasa dari sisi kesehatan. (sol)



Sabtu, 18 Mei 2019, 00:09:51 WIB Oleh : Sholihul Hadi 274 View
Evalube Gandeng Bikers Bukber di Panti Asuhan
Sabtu, 18 Mei 2019, 00:09:51 WIB Oleh : Masal Gurusinga 14319 View
Mengucur Deras, Sumur Ini Airnya Terbuang Sia-sia
Sabtu, 18 Mei 2019, 00:09:51 WIB Oleh : Arie Giyarto 241 View
Penduduk DIY 30 Persennya Anak Muda

Tuliskan Komentar