atas1

Relawan Siaga Bencana Dihibur Dangdut

Sabtu, 27 Okt 2018 | 09:15:13 WIB, Dilihat 1046 Kali
Penulis : Sari Wijaya
Redaktur

SHARE


Relawan Siaga Bencana Dihibur Dangdut Forum relawan bencana Kecamatan Bambanglipuro dikukuhkan di Dusun Jerukan Desa Sidomulyo, Jumat (26/10/2018) malam. (sari wijaya/koranbernas.id)

Baca Juga : Pasangan Ini Menikah dengan Mahar Ikrar Sumpah Pemuda


KORANBERNAS.ID -- Relawan siaga bencana Kecamatan Bambanglipuro Bantul  dikukuhkan oleh Camat Yulius Suharta SSos MSi di Dusun Jerukan Desa Sidomulyo, Jumat (26/10/2018) malam.

Saat pengukuhan yang diwakili 10 orang dari tiga desa yakni Sidomulyo, Sumbermulyo dan Mulyodadi, mereka membacakan deklarasi dengan dipandu camat.

Pengukuhan disaksikan Ketua DPRD DIY, Yoeke Indra Laksana, Lurah Sidomulyo Edi Murjito SPd dan ratusan warga  Bambanglipuro yang memadati lokasi.

Adapun isi deklarasi tersebut, relawan siaga bencana merupakan pelopor kesiapsiagaan terhadap ancaman bencana di mana pun mereka berada.

Selain itu, juga menjunjung tinggi kemanusiaan sebagai  prioritas utama tanpa dipengaruhi oleh ras, suku, agama maupun pandangan politik.

Selalu siaga dan cekatan, cepat, kompak dan tangguh dalam penanggulangan bencana. Mereka menggunakan slogan Cepat Kompak Tangguh (Cekatan).

“Saya mengapresiasi pembentukan forum relawan bencana ini. Mengingat wilayah kita rentan terhadap berbagai ancaman bencana. Maka keberadaan relawan sangat penting artinya,” kata Yoeke.

Misalnya saat  terjadi bencana, walaupun sudah ada tim SAR, TNI, BPBD dan pihak terkait, namun relawan ini sangat berperan dalam mendukung  keberhasilan serta kecepatan penanganan bencana.

“Contoh mereka  menunjukkan jalan atau lokasi bencana bagi mereka yang akan melakukan evakuasi. Mengingat relawan ini adalah warga setempat, sehingga lebih hafal medan, jadi bisa saling kolaborasi. Walaupun kita tidak pernah berharap adanya bencana, namun antisipasi sangatlah penting agar kita bisa meminimalisir dampaknya,” kata politisi PDIP tersebut.

Penyanyi dangdut menghibur para relawan siaga bencana Kecamatan Bambanglipuro Bantul yang dikukukan, Jumat (26/10/2018) malam. (sari wijaya/koranbernas.id)

Yoeke menambahkan pembentukan relawan ini hendaknya bisa dilakukan di semua tempat. Hingga kini belum semua kecamatan membentuk forum relawan bencana.

“Ini bukan yang pertama atau pilot project namun bisa menjadi contoh bagi tempat lain yang  belum agar  ikut membentuk forum sejenis,” katanya.

Edi Murjito mengatakan forum siaga bencana mensinergikan antara desa satu dengan desa lain. Misal di desa satu ada kebutuhan alat bisa dipasok dari desa lain. Begitu juga dengan kebutuhan personel bisa saling tukar informasi dan ilmu terkait penanganan bencana. “Saat ini forum beranggotakan sekitar 100 personel,” katanya.

Pengukuhan relawan selain dihibur penyanyi dangdut  juga dibarengi kegiatan peresmian proyek jalan dengan panjang 1.270 meter menghubungkan Dusun Jerukan dan Dusun Cungkep.

Jalan itu dibiayai dengan Dana Desa (DD) serta pembangunan bangket sepanjang 1.050 meter yang dibiayai dengan Bantuan Keuangan Khusus (BKK). Total dana yang digulirkan  Rp 550 juta pada kedua proyek tersebut. (sol)



Jumat, 26 Okt 2018, 09:15:13 WIB Oleh : Sari Wijaya 1257 View
Pasangan Ini Menikah dengan Mahar Ikrar Sumpah Pemuda
Jumat, 26 Okt 2018, 09:15:13 WIB Oleh : Sari Wijaya 976 View
Anak-anak Antusias Sumbang Korban Bencana
Jumat, 26 Okt 2018, 09:15:13 WIB Oleh : Sholihul Hadi 738 View
Menata Bantul Tidak Bisa Asal-asalan

Tuliskan Komentar