atas1

Relawan Ini Dikenal Punya Keberanian

Sabtu, 18 Jan 2020 | 13:22:10 WIB, Dilihat 140 Kali
Penulis : Sholihul Hadi
Redaktur

SHARE


Relawan Ini Dikenal Punya Keberanian Sukamta memimpin Apel Siaga Bencana DPW PKS DIY, Sabtu (18/1/2020), di kantor DPW PKS DIY. (Sholihul Hadi/koranbernas.id)

Baca Juga : Otentikasi Halal Cukup dengan Lidah Elektronik


KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA–Para relawan DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS), selama ini dikenal tidak hanya punya keterampilan, tetapi juga memiliki keberanian saat bertugas di lapangan membantu pemerintah menangani bencana alam.

Mereka mengetahui kapan harus masuk lokasi yang sulit dijangkau, maupun kapan harus segera meninggalkan lokasi, apabila kondisi lokasi bencana membahayakan.

“Keberanian ini dibentuk dari latihan. Mereka memiliki keterampilan. Seperti saat bencana di Aceh, mereka punya keberanian masuk wilayah yang jarang dimasuki relawan,” ungkap Sukamta, Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi PKS.

Kepada wartawan usai Apel Siaga Bencana DPW PKS DIY, Sabtu (18/1/2020), di kantor DPW PKS DIY Jalan Gambiran Yogyakarta, Sukamta menyampaikan seluruh DPW PKS di Indonesia memiliki tim relawan siaga bencana.

Secara berkala, relawan DPW PKS DIY mengikuti pelatihan, agar selalu dalam kondisi siap siaga. Selain itu, juga dibekali pemahaman mengenai penanganan bencana.

“Alhamdulillah pada awal musim hujan ini, DIY terbebas dari bencana. Dulu biasanya banjir dan tanah longsor. Kita bersyukur. Tetapi bukan berarti kita lengah. Kita selalu siap. Mudah-mudahan tidak ada bencana. Tetapi kalau ada kita siap membantu,” kata dia.

Apabila daerah lain terjadi bencana, misalnya Jawa Tengah, relawan dari DIY diperbantukan.

“Secara simbolis kita beri bantuan perahu karet untuk Tim Rescue DPW PKS DIY, sebagai bagian dari penyiapan menghadapi banjir,” tambahnya.

Menurut dia, perlengkapan perahu karet itu merupakan tambahan saja. Sebab pada dasarnya, mereka sudah punya segala macam peralatan yang diperlukan di lapangan.

Pihaknya juga menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Pagi itu, tidak kurang 250 relawan memperoleh pembekalan dari BPBD DIY, didampingi Anggota Komisi A DPRD DIY, Muhammad Syafi’i.

“BPBD sebagai instansi resmi pemerintah yang bertanggung jawab menanggulangi bencana. Kita sifatnya membantu pemerintah. Kita minta bantuan BPBD untuk upgrade pengetahuan dan keterampilan,” kata Sukamta.

Ketua DPW PKS DIY Darul Falah menambahkan, setiap kader pada dasarnya adalah relawan. Apel siaga bencana kali ini diikuti tim inti perwakilan dari seluruh kecamatan di DIY.

Ilmu yang diperoleh selama pembekalan diharapkan ditularkan ke rekan-rekannya, agar menjadi relawan yang cepat bergerak saat terjadi bencana alam. (SM)



Sabtu, 18 Jan 2020, 13:22:10 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 102 View
Otentikasi Halal Cukup dengan Lidah Elektronik
Jumat, 17 Jan 2020, 13:22:10 WIB Oleh : Sholihul Hadi 2691 View
Pantai Ini Masih Asli, Potensi Ikannya Luar Biasa
Jumat, 17 Jan 2020, 13:22:10 WIB Oleh : Sari Wijaya 14341 View
Sering Menjerit Kesakitan, Kini Heri Buta

Tuliskan Komentar