TNI-stipram

Ratusan Tonti Ikuti Lomba Berbaris

Minggu, 21 Okt 2018 | 07:10:20 WIB, Dilihat 119 Kali - Oleh Nila Jalasutra

SHARE


Ratusan Tonti Ikuti Lomba Berbaris Salah satu tim beraksi dalam Lomba Baris Berbaris pelajar tingkat SMP/MTs/SMA/SMK/MA se-Kabupaten Sleman Tahun 2018. (istimewa)

Baca Juga : Topeng Ireng Beraksi untuk Korban Gempa


KORANBERNAS.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kembali menyelenggarakan Lomba Baris Berbaris (LBB) pelajar tingkat SMP/MTs/SMA/SMK/MA se-Kabupaten Sleman Tahun 2018, Sabtu (20/10/2018), di Lapangan Pemda Sleman.

Kegiatan ini dibuka Wakil Bupati Sleman Dra Hj Sri Muslimatun Mkes ditandai pemukulan gong serta penyerahan piala bupati secara simbolis kepada Sri Muslimatun.

Kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini diikuti oleh 111  peleton inti (tonti) yang terdiri dari 28 tim putra dan 45 tim putri tingkat SMP/MTs. Sedangkan tingkat SMA/SMK/MA diikuti 18 tim putra dan 26 tim putri.

Kepala Dispora Sleman, Agung Armawanta, menjelaskan LBB tujuannya untuk menanamkan kedisiplinan dan nasionalisme kepada generasi muda.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membiasakan berpenampilan rapi dan sopan, meningkatkan kemampuan memimpin dan dipimpin serta membina kekompakan dan kerja sama.

Agung menjelaskan seluruh regu mengikuti LBB ini dinilai kekompakannya, kepatuhan kepada komando, keseragaman dalam arti estetika dan keserasian gerakan.

"Ada penilaian tersendiri seperti seragam atau kostum yang dikenakan setiap regu serta komandan terbaik dan lainnya," paparnya.

Di setiap pos, masing-masing regu menampilkan berbagai keahlian baris berbarisnya di hadapan dewan juri.

Sri Muslimatun menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut. “LBB ini patut didukung karena berdampak positif bagi pembentukan karakter bagi generasi penerus bangsa,” ujarnya.

LBB berguna untuk melatih para peserta bersikap disiplin, sportif, kompak dan memiliki rasa kebersamaan.

"Dalam baris berbaris juga ada pelajaran leadership yaitu nilai ketegasan serta kemampuan mengelola seluruh anggota,   termasuk di dalamnya kelebihan maupun kekurangan anggotanya sehingga mampu menyeragamkan seluruh kemampuan anggota menjadi satu kesatuan yang padu," kata Sri Muslimatun.

Seluruh peserta diimbau dapat menanamkan nilai-nilai kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari dan menaati peraturan. (sol)



Minggu, 21 Okt 2018, 07:10:20 WIB Oleh : Sari Wijaya 129 View
Topeng Ireng Beraksi untuk Korban Gempa
Sabtu, 20 Okt 2018, 07:10:20 WIB Oleh : Sari Wijaya 171 View
Lurah Jangan Sibuk Urusi Kuitansi
Sabtu, 20 Okt 2018, 07:10:20 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 68 View
Jajanan Lokal yang Masuk Mall

Tuliskan Komentar