atas1

Ratusan Mobil Volkswagen Padati JEC

Sabtu, 09 Nov 2019 | 20:41:45 WIB, Dilihat 547 Kali
Penulis : Muhammad Zukhronnee Ms
Redaktur

SHARE


Ratusan Mobil Volkswagen Padati JEC Ratusan mobil Volkswagen mejeng dalam acara jogja volkswagen festival 2019, 9 sampai 10 November 2019. (muhammad zukhronnee ms/koranbernas.id)

Baca Juga : Animo Khitanan Massal Terus Meningkat


KORANBERNAS.ID --  Jogja Volkswagen festival 2019 dihelat selama 2 hari pada 9-10 November 2019 di Jogja Expo Center, Yogyakarta. Acara dua tahunan ini dihadiri oleh 85 mobil Vokswagen (VW) yang ikut dalam dan 35 lainnya merupakan mobil VW display.

Humas JVWF 2019, Sutoto menjelaskan, event dua tahunan ini menjadi spesial lantaran mobil yang ikut adalah mobil-mobil baru yang sebelumnya belum pernah diikutkan dalam display maupun kontes JVWF sebelumnya.

"Semua peserta kontes dan display telah melalui proses kurasi dan seleksi yang ketat oleh tim kami, yaitu melalui berbagai tahap termasuk melihat spesifikasi dan detail ubahan pada mobil yang akan di konteskan dan didisplay," terangnya di Sela-sela acara, Sabtu (9/11/2019).

Dengan demikian, lanjut Sutoto, mobil yang ikut kontes dan display di sini punya sisi keunikan dan sesuatu yang baru dan menarik.

Yang paling banyak mencuri perhatian para pengunjung adalah stand milik Yumos Garage, Kali ini mereka menampilkan replika Porsche 64 Berlin-Rome, tahun pembuatan 1939. Dengan keseluruhan berwarna chrome perak putih yang berkilau lengkap didisplay dengan seorang model yang juga menggunakan pakaian dan topi serba millenium. Mobil ini banyak diserbu para pengunjung untuk sekedar memperhatikan detail, merekam dengan kamera, hingga berswafoto.

Sejarahnya, mobil ini merupakan ambisi Ferdinand Porsche untuk membuat mobil yang lebih ringan dan lebih cepat dibandingkan dengan VW bettle. Kemudian digunakan untuk balapan jalan raya Berlin Rome pada September 1939.

Menurut Wahyu Pamungkas dari Yumos Garage, Basic mobil ini adalah VW bettle dengan mesin 1100 cc, kemudian ditingkatkan dari 23 horsepower menjadi 40 horsepower. Kemudian penggantian body aluminium sehingga berat keseluruhan adalah 618,7 kg, hal ini bisa membuat mobil ini melaju dengan sangat cepat.

Meskipun hanya replika, mobil garapan Yumos Garage yang mengambil basic dari VW Kodok 1961 itu seluruhnya mempertahankan keasliannya. Body alumunium yang melekat pada unit itu dimensinya dibuat sangat mirip dengan aslinya bahkan hingga jeroan mesin dan onderdilnya.

"Replika Berlin Rome itu merupakan pesanan dari warga Jerman pecinta Porsche. Replika ini baru saja selesai dikerjakan Yumos Garage satu setengah tahun ini dan menelan biaya lebih dari Rp 700 juta," tandasnya.

Pihaknya mengaku sempat kesulitan membangun replika mobil yang dulunya menjadi proyek ambisius Ferdinand Porsche ini. Bagaimana tidak, dengan jumlah populasi hanya tiga di dunia, Yumos Garage kesulitan mencari cetak biru mobil ini untuk jadi pedoman.

Beruntung, saat sedang kebingunan mencari petunjuk, kenalannya di Jerman berhasil melobi pihak museum VW di Jerman untuk membantunya membuat blue print mobil itu.

Sementara itu Wakil gubernur DIY KGPAA Pakualam X mengatakan, Helatan ini adalah kegiatan yang multidimensi yang tidak hanya mengakrabkan sekaligus mengaktualisasi dengan berdasarkan hobi yang sama, yaitu hobi otomotif khususnya Volkswagen.

Menurutnya Volkswagen Indonesia mungkin menjadi Komunitas Volkswagen terbesar di dunia, karena kalau di Eropa bahkan di negara asalnya, perkumpulan yang terdiri dari 500 mobil saja mungkin sudah sangat istimewa, sementara jika dillihat di Indonesia bisa mencapai ribuan.

"Dan saya yakin bahwa tamu-tamu dari luar negeri sangat heran saat melihat di parkiran saja mobil VW ini banyak sekali. jadi saya sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan pemersatu yang tidak ada batasan, tidak ada paham politik, tidak ada sukuisme, semua berdasarkan kesukaan dan kecintaan terhadap otomotif khususnya Volkswagen," pungkasnya.(yve)



Sabtu, 09 Nov 2019, 20:41:45 WIB Oleh : Nila Jalasutra 248 View
Animo Khitanan Massal Terus Meningkat
Sabtu, 09 Nov 2019, 20:41:45 WIB Oleh : Sari Wijaya 4194 View
Penampilan Opick Menghasilkan Donasi Rp 436,1 Juta
Sabtu, 09 Nov 2019, 20:41:45 WIB Oleh : Sholihul Hadi 3298 View
Anak-anak SD Temani Lansia Senam Bersama

Tuliskan Komentar