atas1

Puluhan Tahun Numpang di Lahan PT KAI

Selasa, 07 Mei 2019 | 19:07:06 WIB, Dilihat 826 Kali - Oleh Masal Gurusinga

SHARE


Puluhan Tahun Numpang di Lahan PT KAI Satu unit excavator mini tengah mengurug lahan untuk pondasi Kantor Kepala Desa Tlobong Kecamatan Delanggu yang baru. (Masal Gurusinga/koranbernas.id)

Baca Juga : Ramadhan Jadi Momentum Perbaikan Diri


KORANBERNAS.ID--Setelah puluhan tahun berkantor di lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI), Pemerintah Desa Tlobong Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten membangun kantor baru. Kantor baru tersebut dibangun di lahan atau tanah kas desa.

Tahap awal pembangunan kantor desa tersebut telah dimulai April hingga Mei dengan mengurug tanah dan pemasangan pondasi. Anggaran awal bersumber dari bantuan keuangan (bankeu) kabupaten 2019 sebesar Rp 125 juta.

Kepala Desa Tlobong Parjo menjelaskan pemanfaatan bankeu ini, lantaran dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) tidak diperbolehkan untuk membangun kantor.

“Kemarin kami sudah merencanakan pembangunan kantor yang baru bisa selesai tahun 2020 dari bantuan keuangan. Sebab kantor yang ada sekarang ini menempati lahan milik PT Kereta Api Indonesia,” kata Parjo, Selasa (7/5/2019).

Dulunya, kata Parjo menambahkan, lokasi kantor yang dibangun itu adalah sawah dan letaknya strategis dekat pinggir Jalan Delanggu-Juwiring.

Kelak, jika kantor yang baru sudah selesai dibangun, rencana selanjutnya akan menyelesaikan gedung olahraga dan arena kuliner. Harapannya agar Desa Tlobong bisa ramai pada malam hari dan warga juga punya kegiatan yang positif.

Gagasan dan rencana Pemerintah Desa Tlobong itu tentu diapresiasi dan didukung warga. Warga berharap agar apa yang telah direncanakan bisa direalisasikan.

“Tentu saja kami mendukung. Soalnya kalau sudah ada arena kuliner tentu kami bisa jualan. Sekarang ini dari kawasan Stasiun Delanggu hingga Kota Kecamatan Juwiring tidak ada arena kuliner,” kata Tyas, warga Tlobong.

Dia menceritakan, kalau ingin berwisata kuliner, warga harus pergi ke Delanggu. Atau jika ingin yang lebih lengkap harus ke Kota Klaten yang cukup jauh.

Namun ada pula sebagian warga yanag pesimistis dengan rencana ini. Pasalnya Kepala Desa Tlobong yang baru, akan dilantik pada tanggal 16 Mei besok. Tidak sedikit warga yang pesimis pada kades baru hasil pemilihan 13 Maret lalu.

“Harapan kami bisa dilanjutkan oleh kades yang baru. Tapi kami tidak tahu apakah program yang telah direncanakan secara matang itu nanti bisa terwujud apa tidak,” ujar beberapa warga yang ditemui di sekitar lokasi dibangunnya kantor kepala desa yang baru. (SM)



Selasa, 07 Mei 2019, 19:07:06 WIB Oleh : Nila Jalasutra 261 View
Ramadhan Jadi Momentum Perbaikan Diri
Selasa, 07 Mei 2019, 19:07:06 WIB Oleh : Nila Jalasutra 225 View
Siapkan Stok Sembako? Ke Pasar Lebaran Saja
Selasa, 07 Mei 2019, 19:07:06 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 248 View
Tahan Diri, Tunggu Hasil KPU

Tuliskan Komentar