atas1

Puluhan Ribu Milenial Serbu Alun-alun

Minggu, 03 Mar 2019 | 23:33:32 WIB, Dilihat 20190 Kali - Oleh Prasetiyo

SHARE


Puluhan Ribu Milenial Serbu Alun-alun Jalan Sehat Milenial Road Safety Festival MRSFdi Banjarnegara, Minggu (3/3/2019). (prasetiyo/koranbernas.id)

Baca Juga : Ribuan Umat Hindu Gelar Upacara Melasti


KORANBERNAS.ID -- Ribuan Masyarakat di Kabupaten Purbalingga dan Banjarnegara, Minggu (3/3/2019) mengikuti Jalan Sehat Milenial Road Safety Festival MRSF. Kegiatan yang berlangsung di dua tempat terpisah itu, berlangsung meriah

Di Purbalingga, mereka memenuhi Alun Alun setelah mengikuti Jalan Sehat Milenial Road Safety Festival. Acara pemuncak Millenial Road Safety Festival yang digelar Polres Purbalingga dilepas oleh Plr Bupati Dyah Hayuning Pratiwi, SE, BEcon, MM bersama Kapolres AKBP Kholilur Rochman dan sejumlah pejabat Forkopimda Purbalingga.

Plt Bupati Dyah hayuning Pratiwi sangat mengapresiasi atas kegiatan yang mengedukasi masyarakat kabupaten Purbalingga khususnya para pelajar dan generasi muda sebagai generasi millennial. Menurut Tiwi, edukasi dan sosialisasi berlalu lintas yang baik sangat dibutuhkan agar tingkat kecelakaan lalu lintas yang kebanyakan menimpa kaum millennial dapat dikurangi.

“Edukasi Millenial Road Safety Festival harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Artinya sebagai warga Purbalingga yang baik, kita harus tertib berlalu lintas. Sehingga tujuan dari acara ini agar tingkat kecelakaan lalu lintas berkurang dapat terwujud di kabupaten Purbalingga,” katanya saat pengundian hadiah jalan sehat di panggung hiburan Alun Alun Purbalingga.

Kapolres Purbalingga AKBP Kholilur Rochman menyampaikan bahwa kegiatan Jalan Sehat Milenial merupakan puncak rangkaian kegiatan Millenial Road Safety Festival di Purbalingga. Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat terutama generasi milenial agar tertib berlalu lintas dan mentaati rambu-rambu lalu lintas dalam berkendara di jalan raya.

“Melalui kegiatan ini Saya berharap di tahun-tahun kedepan sudah tidak ada lagi atau minimal dapat dikurangi adanya kecelakaan – kecelakaan lalu lintas yang menimpa kaum millennial,” katanya.

Dikatakan Kholilur Rochman, kegiatan Millenial Road Safety Festival diluncurkan pada Minggu (3/2/2019) di Kecamatan Bobotsari. Kegiatan pembuka itu diisi Senam Milenial Kolosal yang dipimpin Polwan Polres Purbalingga dan dilanjutkan penampilan freestyle, Polwan Vaganza, ada juga photo booth dan safety riding.

Rangkaian kegiatan berlanjut pada Minggu (10/2/2019) berupa Senam Kolosal kemudian pada Minggu (24/2/2019) diadakan Gowes Millenial di Stadion Goentoer Darjono Purbalingga.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga berpesan kepada puluhan ribu masyarakat yang memadati Alun Alun Purbalingga untuk dapat menjaga situasi kondusif dalam menyongsong pesta demokrasi Pemilihan Umum serentak, 17 April mendatang.

Hadiah utama Jalan Sehat Millenial Road Safety Festival berupa satu buah mobil Pick Up diraih oleh Suparjo warga Desa Jetis RT 6 RW 3 Kecamatan Kemangkon.  Sedangkan dua unit sepeda motor yang disediakan diraih oleh Adelia Rizky Arestu dari Kalimanah Kulon dan Putri Dwi Septiani warga Karangbanjar RT 10 RW 04 Kecamatan Bojongsari.

Panitia juga mengundi hadiah lainnya berupa lima sepeda gunung, tiga handphone, enam unit lemari es, 8 unit televisi, mesin cuci dan ratusan hadiah lainnya termasuk satu ekor kambing.

 Pelajar Padati Banjarnegara

Dari Banjarnegara dilaporkan, sekitar 10 ribu peserta dari kalangan pelajar, komunitas kendaraan dan komunitas pelaku sarana transportasi menghadiri acara “Millenial Road Safety Festival” (MRSF) yang di selenggarakan Polres Banjarnegara di kompleks Alun-alun Banjarnegara.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono hadir bersama anggota Forkopinda, jajaran Polres, Kodim 0704 Wijayakusuma, Sekretaris Daerah dan jajaran OPD Pemkab Banjarnegara, serta tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda. Bupati juga mengibarkan bendera start pada jalan sehat keliling kota, yang juga diikuti oleh komunitas sepeda dan kendaraan lainnya dengan tertib.
Dalam sambutannya Budhi Sarwono mengajak adik-adik kaum milenial di Banjarnegara untuk bisa lebih menyadari pentingnya mentaati peraturan saat berkendara.

”Tahun 2019 ini dicanangkan sebagai tahun keselamatan bagi kita semua. Dengan semakin baiknya infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah seharusnya semakin memberi kenyamanan pada masyarakat. Kita sebagai pengendara dan pengguna jalan seharusnya semakin bijak dan tertib,” pesan bupati.

Berkaitan kegiatan yang digagas oleh Polres tersebut, Bupati atas nama Pemkab sangat mendukung acara ini. Bupati berharap agar digencarkan lagi aksi-aksi di setiap sekolah dan kelompok-kelompok pemuda.

”Kita sasar generasi milenial agar sadar berlalu lintas karena itu cermin dari kepribadian dari bangsa kita,” imbuhnya.

Hal senada di sampaikan Kapolres Banjarnegara, AKBP Aris Yudha Legawa SH, SIK. Ia mengatakan kegiatan MRSF ini tak lain sebagai bentuk sosialiasi kepada masyarakat khususnya generasi milenial tentang keselamatan berkendara. Sebab, angka kecelakaan di Indonesia didominasi kaum milenial.

“Kegiatan ini dikemas sedemikian rupa agar pesan yang disampaikan bisa dengan mudah diterima dan dipahami kaum millenial,” tambah Aditya.

Kapolres menambahkan, hal ini juga dilatarbelakangi banyaknya kecelakaan yang sangat besar terutama di usia 17 tahun hingga 35 tahun. Dimana angka kecelakaan ini menduduki peringkat ke-5 sedunia.

“Oleh karena itu supaya anak-anak remaja kita kaum milenial tidak menjadi korban, kita gelorakan jiwa tertib berlalu lintas, jiwa kesadaran diri untuk keselamatan diri dan orang lain,” tambahnya.

MRSF ini akan terus digelar untuk memberi edukasi tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas dan sebagai upaya menekan angka kecelakaan lalulintas di jalan raya. Acara ini dimulai dengan jalan sehat dan gowes bersama Bupati dan Kapolres, senam massal, hingga deklarasi keselamatan berlalulintas serta testimoni korban kecelakaan.

Jalan sehat yang menempuh rute singkat di pusat kota itu juga diiringi marching band MAN 2 Banjarnegara. Usai jalan sehat dibagikan ratusan doorprice dan dihibur oleh musik dangdut OM New Savana bersama artis New Pantura, Nourma Sylvia. (yve)



Minggu, 03 Mar 2019, 23:33:32 WIB Oleh : Sari Wijaya 438 View
Ribuan Umat Hindu Gelar Upacara Melasti
Minggu, 03 Mar 2019, 23:33:32 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 1180 View
Jogja Tak Butuh Undang-undang Permusikan
Minggu, 03 Mar 2019, 23:33:32 WIB Oleh : Prasetiyo 487 View
Purbalingga Penampil Terbaik se-Barlingmascakeb

Tuliskan Komentar