atas1

PKK Punya Peran Vital Bangun Bangsa

Rabu, 29 Jan 2020 | 22:06:01 WIB, Dilihat 194 Kali
Penulis : W Asmani
Redaktur

SHARE


PKK Punya Peran Vital Bangun Bangsa Ketua PKK Purworejo, Fatimah Verena Prihastyari saat memberi sambutan dalam Rapat Konsultssi TP PKK, Rabu (29/01/2020). (W asmani/koranbernas.id)

Baca Juga : Tegaskan Tak Ada Suspect Corona di DIY


KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Seiring berjalannya pembangunan, peran Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab fakta telah menunjukkan peran perempuan dalam PKK terbukti membantu terselenggaranya pembangunan dari lini terbawah yaitu dasa wisma.

Wakil Bupati Purworejo,  Yuli Hastuti mengatakan, keberadaan PKK memang diakui sangat membantu kelancaran pembangunan, juga pembangunan di desa kelurahan untuk merealisasikan keluarga sejahtera yang mandiri secara ekonomi.

“Oleh karena itu saya berharap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), agar dapat menggandeng untuk bekerjasama dengan TP PKK dalam melaksanakan dan mensukseskan kegiatan. Utamanya dalam mensinkronkan program kegiatan. Saya percaya, PKK selalu beres dalam melaksanakan kegiatan,” tutur Yuli Hastuti dalam kegiatan Rapat konsultasi TP PKK kabupaten Purworejo di Pendopo kabupaten Purworejo, Rabu (29/1/2020).

Kegiatan juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani, Kepala Dinpermasdes Agus Ari Setyadi, Ketua TP PKK Kabupaten  Fatimah Verena Prihastyari, dan sejumlah Kepala OPD.

Lebih lanjut Yuli Hastuti mengatakan, kegiatan PKK sangat banyak yang dijabarkan dalam 10 program, dari mulai peningkatan ekonomi, kapasitas sumber daya manusia, kesehatan, program pelunasan PBB, pemahaman kesadaran hukum, dan lain-lain.

Menurutnya perlunya pemerintah desa / kelurahan dapat mengalokasikan tambahan anggaran. Hal ini penting karena masih ada desa yang menganggarkan PKK relatif kecil yakni berkisar Rp. 3 juta hingga Rp.10 juta. Ini masih sangat minim untuk melaksanakan kegiatan.

“Namun ada juga desa yang sudah menganggarkan dari dana desa sebesar Rp. 56 juta lebih, untuk kegiatan PKK. Seperti yang sudah dilaksanakan di Desa Tlogorejo Kecamatan Purwodadi,” beber Yuli Hastuti dihadapan 200 kader PKK yang hadir dalam rapat konsultasi tersebut.

Ketua PKK Purworejo, Fatimah Verena Prihastyari  mengatakan, program PKK juga ada pada program pemerintah, maka PKK siap bersinergi, mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Program Pemerintah Kabupaten Purworejo. “Kami sangat berharap OPD untuk dapat bersinergi bekerjasama dengan PKK, sehingga tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara ekonomi dan menjadikan masyarakat mandiri, dapat terwujud,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinpermasdes Agus Ari Setyadi mengatakan, dengan adanya Pemendes Nomor 11/ 2019 tentang Prioritas Penggunaaan Dana Desa.

"Bahwa prioritas penggunaan  Dana Desa Tahun 2020, untuk 2 bidang yaitu kegiatan pembangunan dan kegiatan pemberdayaan.

Inilah peluang bagi jajaran TP PKK," kata Agus Ari Setyadi.

Agus menuturkan tujuannya agar desa bisa mengupayakan dan menciptakan kegiatan-kegiatan positif dengan topangan dana-dana dari pemerintah yang bisa dipergunakan.

“Saya mohon PKK Kecamatan ataupun PKK Kabupaten, agar bisa mengawal PKK desa.

Karena masih banyak aparat desa yang menganggap PKK desa bukan hal yang penting. Sehingga PKK desa, kadang kurang berupaya untuk memperjuangkan kegiatannya agar bisa diakomodir,” tandas Agus Ari Setyadi.(yve)



Rabu, 29 Jan 2020, 22:06:01 WIB Oleh : Rosihan Anwar 212 View
Tegaskan Tak Ada Suspect Corona di DIY
Rabu, 29 Jan 2020, 22:06:01 WIB Oleh : Rosihan Anwar 206 View
Sempat Diduga Suspect, Bayi Asal Tiongkok Batal Jadi Pasien Corona
Rabu, 29 Jan 2020, 22:06:01 WIB Oleh : Masal Gurusinga 222 View
Spanduk Penolakan Galian C Tiba-tiba Raib

Tuliskan Komentar