Selasa, 09 Mar 2021,

pembubaran-kegiatan-opsi-terakhir-kapanewon-diminta-aktif-patroli-wilayahPlt Ka Satpol PP Gunungkidul, Agus Priyanto. (sutaryono/koranbernas.id)


Sutaryono
Pembubaran Kegiatan Opsi Terakhir, Kapanewon Diminta Aktif Patroli Wilayah

SHARE

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL -- Dalam upaya melaksanakan tugas pengawasan, setiap kapanewon di Gunungkidul diharapkan selalu aktif melakukan patroli Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM).

“Peran kapanewon sangat menentukan untuk ketertiban pelaksanaan PTKM. Sebab personel kami sangat terbatas, sehingga bantuan kapanewon kami harapkan,” kata Agus Priyanto, Plt Ka Satpol PP Gunungkidul, Jumat (15/1/2021).


Diakui, pengawasan harus dilaksanakan di 18 kapanewon. Di balik tanggung jawab yang sangat besar tersebut, jumlah tenaga Satpol PP terbatas. Dengan kendala tersebut, dia  mengharapkan dukungan dari pemerintah tiap kapanewon, melakukan patroli di wilayahnya masing-masing.

Kegiatan patroli bisa melibatkan berbagai unsur terkait. Seperti Satpol PP Gunungkidul yang menggandeng aparat Polres Gunungkidul untuk pelaksanaan patroli. “Diharapkan kegiatan patroli bisa dilakukan bersama seluruh kapanewon, sehingga pemahaman masyarakat atas instruksi PTKM juga lebih efektif,” tambah Agus.


Pihaknya fokus pada edukasi masyarakat tentang instruksi PTKM. Pembubaran kegiatan jadi opsi terakhir yang diambil petugas patroli. “Yang penting warga paham dulu isi dari instruksi tersebut,” ujarnya.

Harapan Agus Priyanto tersebut ditanggapi Panewu Karangmojo, Marwata Hadi. Sejak hari pertama PTKM, dia menerjunkan personel patroli ke masyarakat.

Seperti Satpol PP Gunungkidul, sasaran patroli adalah titik-titik rawan keramaian. Patroli dilakukan bersama anggota Polsek Karangmojo dan Koramil.

“Kami berkeliling dengan menggunakan pengeras suara, serta mendatangi lokasi tertentu untuk menyampaikan imbauan," kata Marwata Hadi. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini