atas1

Pangdam IV/Diponegoro Ingatkan Masyarakat Pentingnya Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19

Minggu, 31 Mei 2020 | 12:34:26 WIB, Dilihat 2999 Kali
Penulis : Redaktur
Redaktur

SHARE


Pangdam IV/Diponegoro Ingatkan Masyarakat Pentingnya Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi, saat jumpa pers usai menghadiri paparan Evaluasi Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19 Kota Tegal di Makodim 0712/Tegal, Sabtu (30/5/2020). (istimewa)

Baca Juga : Sidang Senat Terbuka Dies Natalis ke-36 ISI Yogyakarta Tanpa Tamu Undangan


KORANBERNAS.ID, TEGAL -- Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi, mengimbau dan mengingatkan segenap masyarakat Tegal dan sekitarnya untuk mendisiplinkan diri mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah dengan baik. Imbauan ini disampaikan saat jumpa pers usai menghadiri paparan Evaluasi Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19 Kota Tegal di Makodim 0712/Tegal, Sabtu (30/5/2020).

Tampak hadir mendampingi Pangdam IV/Diponegoro, Kolonel Kav Dani Wardhana (Danrem 071/Wijayakusuma), Asops Kasdam, Aster Kasdam & Dandim 0712/Tegal, serta para Dandim se wilayah eks Karesidenan Pekalongan, Kapolres dan Kapolres Kota Tegal, Bupati/Walikota Tegal beserta Forkopimda Kabupaten/Kota Tegal.

Pangdam menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan adalah untuk mensosialisasikan tentang bagaimana aparat kewilayahan mengantisipasi dan mencegah mewabahnya pandemi Covid-19.

"Kegiatan yang kita laksanakan ini, intinya adalah untuk mengantisipasi perkembangan situasi yang tidak kita inginkan. Oleh karenanya, penting bagi kita semua termasuk masyarakat untuk mengerti dan memahami situasi saat ini bahwa pandemi Covid-19 masih belum selesai dan obat atau antivirusnya juga belum ada. Semua menyadari bahwa kita tidak mungkin untuk berdiam diri. Kita harus melakukan aktifitas guna mencegah penularan pandemi Covid-19 ini, yakni dengan mempedomani, menerapkan dan mendisiplinkan diri sesuai protokol kesehatan dengan baik," tegasnya.

Menurut Pangdam, TNI khususnya yang ada di wilayah baik dari Brigif-4/DR, Kodim 0712/Tegal, Lanal Tegal, Satradar Tegal, siap membantu atàu mem-back up Polri sepenuhnya dalam penanganan wabah ini. "Peran serta TNI, Polri dan Pemda dalam kegiatan ini adalah untuk membantu mendisiplinkan masyarakat dalam rangka mematuhi protokol kesehatan," kata Pangdam.

Pangdam juga menyampaikan agar segenap satuan jajaran TNI, Polri dan Pemda untuk mensosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19 serta pencegahannya. Selain itu, juga menginstruksikan segenap jajaran agar selalu cek dan ricek situasi di wilayah terkait penanggulangan dan pencegahan Covid-19 agar dapat segera diatasi.

“Pandemi Covid-19 belum selesai, sehingga diberlakukan PSBB di beberapa daerah. Untuk wilayah Jawa Tengah, yang memberlakukan PSBB adalah Kota Tegal. Dan sejak tanggal 23 Mei 2020 lalu PSBB sudah berakhir karena tidak ada penambahan kasus, namun kami mengingatkan agar tetap waspada," kata Pangdam.

Sementara itu, Dandim 0712/Tegal, Letkol Inf Richard Arnold, dalam paparanya melaporkan rencana pelibatan TNI dalam penegakan disiplin mematuhi protokol kesehatan di wilayah Kota Tegal (New Normal). Masyarakat diimbau mematuhi prosedur tatanan baru aktifitas sehari hari dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan yaitu jaga jarak 1-2 meter, menggunakan masker, mengukur suhu tubuh, menyiapkan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan hand sanitizer di ruang publik, serta membatasi hingga separuh pengujung di fasilitas umum.

"Untuk menegakkan aturan protokol kesehatan, kami mengimbau, mengingatkan, menertibkan dan menjaga keamanan wilayah di tempat-tempat publik yang ditetapkan, serta melaksanakan petunjuk perencanaan dan koordinasi antar instansi," katanya.

Dandim menambahkan, dalam kegiatan ini Kodim 0712/Tegal melaksanakan Pam Gabungan di 6 (enam) titik area publik, mall, pasar, objek wisata, rumah makan, tempat ibadah dan sarana umum serta membubarkan/memecahkan kerumunan masyarakat di dalam area publik lainnya. Tujuannya adalah membatasi volume pengunjung 50 persen dari kapasitas daya tampung suatu obyek dan melaksanakan patroli gabungan terkait penindakan protokol kesehatan di wilayah Kodim 0712/Tegal. (*)



Sabtu, 30 Mei 2020, 12:34:26 WIB Oleh : Sholihul Hadi 262 View
Sidang Senat Terbuka Dies Natalis ke-36 ISI Yogyakarta Tanpa Tamu Undangan
Sabtu, 30 Mei 2020, 12:34:26 WIB Oleh : Sari Wijaya 211 View
Halal bi Halal Kantor Kemenag Dilakukan Virtual
Sabtu, 30 Mei 2020, 12:34:26 WIB Oleh : Nila Jalasutra 194 View
Sekjen Kemensos Tinjau Penyaluran BST di Sleman

Tuliskan Komentar