atas

Optimalkan Potensi Atlet Usia Dini

Selasa, 08 Jan 2019 | 18:06:29 WIB, Dilihat 412 Kali - Oleh Dwi Suyono

SHARE


Optimalkan Potensi Atlet Usia Dini Ketua PASI Sleman, Aris Priyanto bersama atlet usia dini di sela sela latihan rutin di Stadion Tridadi. (dwi suyono/koranbernas.id)

Baca Juga : Bebas Korupsi Jangan Sekadar Seremonial


KORANBERNAS.ID -- Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sleman saat ini sedang mengoptimalkan potensi atlet serta memaksimalkan program latihan.

Ketua PASI Sleman Aris Priyanto, (8/1/2019), di sela sela latihan rutin di Stadion Tridadi mengatakan saat ini Sleman memiliki tidak kurang 150-an atlet potensial dari berbagai jenjang usia.

“Lebih dari 50 persennya merupakan atlet usia dini atau bisa dikatakan atlet yang masih belajar di sekolah dasar,” ungkapnya.

Hal ini menjadi poin penting bagi pembinaan atlet. Hanya saja, yang dirasakan cukup sulit adalah mencari bibit unggul. Caranya adalah, potensi-potensi atlet usia dini dipetakan sehingga mampu dibentuk menjadi atlet berprestasi.

Aris Priyanto menambahkan pihaknya juga masih merasakan kesulitan pembinaan para atlet disebabkan minimnya tenaga pelatih profesional.

Saat ini PASI Sleman memiliki enam orang pelatih. Kondisi ini sangat jauh dari ideal, seharusnya minimal 30 pelatih.

Sesi latihan atlet PASI Sleman. (dwi suyono/koranbernas.id)

Idealnya lagi, satu pelatih memegang tiga atlet namun sulit terwujud karena minimnya anggaran organisasi.

Aris mengemukakan pihaknya mempersiapkan berbagai event salah satunya Popda serta O2SN. Targetnya adalah juara umum. Tahun lalu Sleman menjadi juara.

PASI Sleman juga membangun  jaringan dengan berbagai pihak untuk secara bersama-sama mengembangkan potensi para atlet melalui penambahan sarana dan prasarana maupun fasilitas penunjang lainnya.

Bagas Siswanto, salah seorang pelatih menambahkan, Sleman memiliki potensi atlet berbakat  tetapi fasilitas yang tersedia kurang mendukung, terutama lapangan.

“Saat ini kami menggunakan lapangan olahraga yang dipakai  banyak pihak. Dari segi standar, lapangan tersebut tidak memenuhi persyaratan latihan,” ungkapnya.

Meski begitu para atlet dari Sleman selama ini sudah menunjukkan potensi dan prestasi di tingkat DIY maupun nasional. (sol)



Selasa, 08 Jan 2019, 18:06:29 WIB Oleh : Nila Jalasutra 222 View
Bebas Korupsi Jangan Sekadar Seremonial
Selasa, 08 Jan 2019, 18:06:29 WIB Oleh : Masal Gurusinga 279 View
Gedung Pengolahan Sampah Tanpa Listrik
Selasa, 08 Jan 2019, 18:06:29 WIB Oleh : W Asmani 250 View
Pemkot Bantu Perbaiki Kios-kios yang Terbakar

Tuliskan Komentar