atas1

Mutasi Dan Promosi Pejabat Bukan Karena Suka

Senin, 08 Apr 2019 | 20:41:32 WIB, Dilihat 743 Kali - Oleh Nanang WH

SHARE


Mutasi Dan Promosi Pejabat Bukan Karena Suka Pembukaan assessment pejabat eselon III di lingkungan Pemkab Kebumen, Senin (8/4/2019). (nanang wh/koranbernas.id)

Baca Juga : Kali Waras Disulap Jadi Indah


KORANBERNAS.ID -- Sebanyak 96 pejabat eselon III di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen  mengikuti assessment. Kegiatan dilaksanakan Senin  (8/4/2019) dan Selasa (9/4/2019)  bekerjasama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Tengah

Program ini salah satu cara menilai seleksi kinerja aparat pemerintah sesuai tugas pokok dan fungsi, berdasarkan Undang Undang  Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen H Ahmad Ujang Sugion, mengatakan assessment diselenggarakan untuk pemetaan profil kompetensi sesuai dengan standar kompetensi manajerial para Pejabat Administrator. Kegiatan menghasilkan  pengukuran secara sistematis dengan menggunakan metode assessment center.  

"Hasilnya akan dijadikan bahan pertimbangan dalam pembinaan dan pengembangan kompetensi pegawai yang bersangkutan," kata Ahmsd Ujang Sugiono,  Senin (8/4) .

Penyelenggaraan assesment merupakan penerapan Merit Sistem, yakni kebijakan dan manajemen SDM aparatur negara berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar. Setiap ASN dituntut untuk memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugasnya.  

Assessment sangat diperlukan dalam rangka mendukung pejabat ddministrator dalam mengembangkan kompetensinya. Sehingga memiliki kinerja yang optimal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Pejabat sdministrator bertanggungjawab memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan.

Program dilaksanakan secara bertahap.  Pada 2018 lalu telah dilaksanakan assessment untuk sebagian pejabat administrator, pejabat pengawas, pejabat eselon V dan pelaksana .  Peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga diperoleh database kompetensi manajerial pejabat administrator yang akurat.

Bupati Kebumen, KH Yazid Mahfudz mengungkapkan, assesment salah satu tahapan dalam  mutasi dan  promosi jabatan. Hasil dari assesment sebagai pertimbangan  untuk mutasi  dan  promosi. Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) menggunakan hasil assesement  sebelum menentukan mutasi dan promosi.  

“Aturannya seperti itu, bukan berdasarkan suka atau tidak suka saya sebagai bupati,“ kata Yazid Mahfudz. (yve)



Senin, 08 Apr 2019, 20:41:32 WIB Oleh : Nila Jalasutra 455 View
Kali Waras Disulap Jadi Indah
Senin, 08 Apr 2019, 20:41:32 WIB Oleh : Sholihul Hadi 1074 View
Prabowo Dihadiahi Ketela Saat Kampanye di Jogja
Senin, 08 Apr 2019, 20:41:32 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 1175 View
Saat Naskah Kuno Keraton Jogja Dipentaskan

Tuliskan Komentar