atas1

Muncul Bursa Motor Kenalkan Motor Listrik Viar Q1

Minggu, 25 Agu 2019 | 20:32:11 WIB, Dilihat 269 Kali - Oleh Prasetiyo

SHARE


Muncul Bursa Motor Kenalkan Motor Listrik Viar Q1 Karyawan dealer Muncul Bursa Motor Kebumen menunjukkan motor listrik, Viar Q1.(istimewa)

Baca Juga : Grebeg Kamardikan Angkat Semangat Tokoh Lokal


KORANBERNAS.ID—Acara Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di kompleks Alun-alun Kebumen, Minggu (25/8/2019) berlangsung meriah. Di sela-sela acara itu, dealer motor Muncul Bursa Motor (Muncul Group) bekerja sama dengan Perusahaan Listri Negara - Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (PLN UP3) Cilacap dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Gombong, mempromosikan motor listrik Viar Q1.

“Motor listrik menjadi tren kendaraan masa depan. Pengenal sepeda motor listrik ini sekaligus dalam rangka go green untuk bumi yang lebih hijau bagi anak cucu,” ujar Kepala Divisi Marketing dan Penjualan Muncul Group, Santoso Budiawan kepada koranbernas.id.

Acara CFD bertajuk “Gebyar Kemerdekaan di Era Digital” itu dimulai jam 06.00 WIB, diawali senam bersama. Setelah itu, ada lomba memasak dengan kompor induksi listrik, dan juga test ride Viar Q1, motor listrik pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Berdasarkan pengamatan, khusus acara test ride motor listrik Viar Q1 dipadati warga yang ingin mencoba mengendarai sepeda motor itu. Sejumlah driver ojek online juga tak mau ketinggagalan, menjajal kendaraan ramah lingkungan itu.

Motor listrik Viar Q1, cocok untuk pengendara pria maupun wanita. (istimewa)

Santosa Budiawan menjelaskan, keunggulan sepeda motor listrik Viar Q1 adalah lebih hemat dibandingkan sepeda motor konvensional. Bahwa Viar Q1 generasi ke 2 ini hanya membutuhkan daya 4 KWH (kilowatt-hour) atau kilo watt jam dalam sekali charge atau sekitar Rp 4.000 untuk menempuh jarak sampai dengan 120 km.

“Biaya per kilo meter sekitar Rp 50. Hal ini jauh lebih hemat dibandingkan dengan motor konvensional yang menggunakan bahan bakar pertalite atau pertamax. Pertamax yang dibanderol 9.850 rata-rata hanya mampu menempuh jarak 30 km untuk penggunaan rata-rata sepeda motor matic. Dengan demikian biaya per km nya diatas 300 rupiah atau lebih besar 600 persen dari Viar Q1,” ujar Santosa Budiawan sambil menambahkan harga Viar Q1 kisaran Rp 19 jutaan .

Motor listrik ini, lanjutnya, juga lebih hemat dalam hal perawatan. Itu karena tidak ada penggantian oli mesin, penggantian busi, serta sparepart lainnya.

“Apabila rata-rata biaya service per bulan adalah 50 ribu maka dalam setahun kita bisa menghemat setengah juta rupiah hanya untuk perawatan,” jelasnya.

Untuk mendorong perubahan ke motor listrik Viar Q1, sambung Santosa Budiawan, Muncul Bursa Motor bekerjasama dengan grab, memberikan spesial paket kepada para pengemudi ojol. Yakni uang muka Rp 0, angsuran sampai 3 tahun dengan cicilan seperti bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang sangat murah.

Selain itu, gratis charge di seluruh PLN selama 1/2 tahun, dan gratis voucher listrik lebih dari 500.000.

Desain motor listrik Viar tersebut sangat unik. Lekukan bodinya terlihat futuristik, dan terkesan lebih modern dibandingkan motor matic pada umumnya.

Tak hanya itu, Viar Q1 juga memiliki bobot sangat ringan, karena beratnya cuma 87.5 kg. Sedangkan untuk bodinya memiliki ukuran dimensi panjang 1.680 mm, lebar 690 mm, dan ketinggian 1.220 mm. Kemudian untuk jarak terendah ketanahnya berukuran 155 mm dan jarak sumbunya 1.060 mm.

Melihat dimensinya, motor ini memang dirancang secara khsusus agar nyaman dikendarai oleh pengendara pria maupun wanita. (SM)



Minggu, 25 Agu 2019, 20:32:11 WIB Oleh : W Asmani 233 View
Grebeg Kamardikan Angkat Semangat Tokoh Lokal
Minggu, 25 Agu 2019, 20:32:11 WIB Oleh : warjono 592 View
Mount Elizabeth Novena Nantikan Sistem Sinar Proton untuk Perawatan Kanker
Minggu, 25 Agu 2019, 20:32:11 WIB Oleh : warjono 237 View
Solusi Transportasi, Juarai DILo Hackaton Festival Yogyakarta

Tuliskan Komentar