atas

Menristekdikti Ancam Kampus yang Jual Ijasah Bodong

Rabu, 28 Nov 2018 | 21:34:02 WIB, Dilihat 130 Kali - Oleh Yvesta Putu Sastrosoendjojo

SHARE


Menristekdikti Ancam Kampus yang Jual Ijasah Bodong Menristekdikti, Mohamad Nasir di FT UGM, Rabu (28/11/2018). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Baca Juga : Desa Ini Punya Tempat Latihan Ujian SIM


KORANBERNAS.ID -- Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (menristekdikti), Mohamad Nasir menyatakan, kampus manapun yang terbukti melakukan jual beli ijasah bodong akan ditutup. Tidak ada toleransi apapun karena hal itu bisa merusak kualitas pendidikan di Indonesia.

Ancaman itu muncul saat nama Staf Khusus Menristekdikti atas nama Abdul Wahid Maktub mencuat dalam pemberitaan terkait keterlibatannya memberikan memo kepada tiga kampus swasta yang tengah bermasalah. Abdul diduga menyalahgunakan kekuasaan dengan memberi ijin tiga kampus, yakni STMIK Triguna, STIE ISM dan STKIP Sera untuk beroperasi dan melakukan praktik jual beli ijazah.

"Saya tidak mentoleransi apapun yang terjadi. Siapapun atau kampus manapun yang menjual ijasah bodong akan saya tutup," ujar Nasir di Fakultas Teknik UGM, Rabu (28/11/2018).

Menurut Menristek, pihaknya siap memberhentikan dengan tegas staf ahliya bila terbukti melakukan praktk jual beli ijasah. Nasir sudah meminta keterangan Maktub terkait pemberitaan tersebut.

“Saya sudah panggil dia (Abdul Wahid Maktub-red) dan dia bilang tidak melakukan, maka saya perbolehkan untuk melapor. Makanya, siapa yang melakukan ijasah bodong akan saya berhentikan," tandasnya.

Hingga saat ini, lanjut Nasir, Kemenristekdikti sudah menutup 234 kampus yang terbukti melakukan praktik ilegal. Diantaranya menjual ijasah bodong meski tidak kuliah sama sekali.

Selain itu ada kampus yang ditutup karena tidak melakukan proses pembelajaran secara legal. Mahasiswa berkuliah tidak sesuai standar yang ditetapkan Kemenristekdikti.

"Ada juga yang melakukan pembelajaran di daerah yang tidak jelas dan tidak dilaporkan ke kementrian. Ini bodong," imbuhnya.(yve)



Rabu, 28 Nov 2018, 21:34:02 WIB Oleh : W Asmani 89 View
Desa Ini Punya Tempat Latihan Ujian SIM
Rabu, 28 Nov 2018, 21:34:02 WIB Oleh : Sholihul Hadi 68 View
Paket Birthday Menarik Harga Bersahabat
Rabu, 28 Nov 2018, 21:34:02 WIB Oleh : Sholihul Hadi 227 View
Panen Padi Kini Cukup Duduk di Kursi

Tuliskan Komentar