atas

Mengangkat Tradisi di Ajang Bergengsi

Rabu, 17 Okt 2018 | 15:59:55 WIB, Dilihat 356 Kali - Oleh Sholihul Hadi

SHARE


Mengangkat Tradisi di Ajang Bergengsi Kontingen Jambi berlatih menjelang pelaksanaan lomba tari, Rabu (17/10/2018), di (PKKH) UGM. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Baca Juga : Umrah di Bawah Rp 20 Juta Patut Dipertanyakan


KORANBERNAS.ID – Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XIV yang berlangsung di Yogyakarta 15-21 Oktober 2018 memperoleh sambutan antusias para peserta dari 33 provinsi di Indonesia.

“Peksiminas ini ajang bergengsi,” ungkap Apriyanti Wanda, kontingen dari Kalimantan Barat (Kalbar) kepada wartawan di Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasumantri (PKKH), Rabu (17/10/2018).

Di sela-sela persiapan jelang pelaksanaan lomba, Apriyanti dari Universitas Tarumanegara ini menyatakan dia bersama tim turun di tangkai lomba tari dengan mengangkat tradisi daerah tersebut.

Baginya, Peksiminas merupakan ajang unjuk kebolehan para peserta di bidang seni. Sebagai koreagrafer dia mengangkat tarian yang terinspirasi dari legenda masyarakat setempat,  berkisah tentang  Dara Anta.

Tidak berberda dengan Kalbar, kontingen Universitas Jambi juga mengangkat kearifan lokal seni tradisi yang hidup dan tetap lestari di masyarakat, yaitu tari Ngayun Mamintoa, dengan Koreografer Ajeng Herdan Dwi Putri, di bawah arahan dosen pendamping Destrinelli dan Raflesia Merina.

Didukung delapan orang penari, tarian rakyat tersebut menggambarkan proses ritual tradisi, disertai doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar memperoleh hasil panen yang baik.

Selain lomba tari, Peksiminas XIV 2018 juga dimeriahkan lomba nyanyi dangdut, nyanyi tunggal pop, nyanyi tunggal keroncong dan nyanyi tunggal seriosa.

Ada juga lomba penulisan puisi, cerpen, lakon, baca puisi, monolog, lukis, desain poster, fotografi hitam putih dan warna serta komikstrip.

Peksiminas merupakan event dua tahunan yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).  Tahun ini temanya Merajut Budaya Nusantara.

Peserta Peksiminas merupakan mahasiswa yang mewakili daerah setelah dinyatakan lolos seleksi tingkat daerah di ajang Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida). (sol)



Rabu, 17 Okt 2018, 15:59:55 WIB Oleh : Sholihul Hadi 414 View
Umrah di Bawah Rp 20 Juta Patut Dipertanyakan
Rabu, 17 Okt 2018, 15:59:55 WIB Oleh : Sari Wijaya 459 View
Awak Mobil Tangki Bebas Narkoba
Rabu, 17 Okt 2018, 15:59:55 WIB Oleh : Endri Yarsana 546 View
Temanggung Targetkan 15 Besar

Tuliskan Komentar