atas1

Mencari Atlet Unggul Lewat Pordes
Minus Sepakbola karena Rawan Ricuh

Senin, 25 Nov 2019 | 12:30:19 WIB, Dilihat 180 Kali
Penulis : Endri Yarsana
Redaktur

SHARE


Mencari Atlet Unggul Lewat Pordes Ketua KONI Tomy Eko Kartiko saat memimpin rapat. (endri yarsana/koranbernas.id)

Baca Juga : Agar Purworejo Terlihat di Peta Wisata Indonesia


KORANBERNAS.ID – Pekan Olahraga Desa (PORDES) menjadi sarana untuk mencari atlet-atlet unggul dari berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan. Dari atlet yang terjaring selanjutnya dilakukan pembinaan secara intensif dan berkelanjutan agar tumbuh dan berkembang menjadi atlet yang handal.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Temanggung, Tomy Eko Kartika, menegaskan hal itu saat memimpin rapat evaluasi pelaksanaan PORDES tahun 2019 di kantor KONI Kabupaten Temanggung, Senin (25/11/2019) . Rapat evaluasi diikuti seluruh pengurus dan anggota KONI bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan PORDES yang digelar serentak di 20 Kecamatan beberapa waktu lalu.

Menurut Tomy, secara umum pelaksanaan PORDES berjalan lancar, mempertandingkan berbagai cabang olahraga diantaranya bulutangkis, bola voli, tenis meja, catur dan atletik. Khusus untuk sepakbola tidak dipertandingkan dengan alasan faktor keamanan.

Berdasarkan pengalaman selama ini, laga sepakbola acapkali terjadi tawuran, baik antar-pemain maupun antar-suporter. Namun demikian, pada penyelenggaraan PORDES tahun- tahun mendatang cabor sepakbola diupayakan dipertandingkan dengan mencari formula agar tidak terjadi kericuhan.

Tomy mengingatkan, maksud dan tujuan penyelenggaraan PORDES yaitu untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat mengembangkan bakat di bidang olahraga dan sebagai sarana untuk memupuk, memelihara dan menggalang rasa persatuan dan kesatuan masyarakat. Melalui PORDES tentunya suatu hal yang baik, sesuai dengan program prioritas keempat Kemendes PDTT, yaitu pembangunan sarana olahraga desa.

Dengan adanya PORDES ini diharapkan akan mendorong berkembangnya event-event olahraga desa, sehingga masyarakat semakin gemar berolahraga supaya badan tetap sehat dan bugar. Dengan terwujudnya kondisi badan yang sehat dan bugar maka bisa produktif dalam menjalani kehidupan.

Men sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Oleh karena itu saya mengajak segenap masyarakat semakin giat berolahraga apa saja untuk menunjang kesehatan badan, tidak sebatas pada saat diselenggarakannya PORDES saja namun pada kesempatan lain tetap rajin berolahraga,“ pintanya.

Dari penyelenggaraan PORDES di 20 kecamatan, menghasilkan para juara yang rata-rata masih berusia muda. Hal ini sungguh membanggakan melalui ajang PORDES bermunculan atlet-atlet muda berbakat yang manakala dilakukan pembinaan intensif bakal tumbuh dan berkembang menjadi atlet handal. Berkait hal itu, KONI berencana akan mengumpulkan para juara PORDES berbagai cabor dari 20 kecamatan untuk dipertemukan dengan Pengkab masing-masing cabor.

“Dengan dipertemukannya para juara PORDES dengan jajaran Pengurus Kabupaten Cabang Olahraga maka diharapkan masing-masing Pengkab Cabor melakukan pembinaan supaya kemampuan para atlet semakin terasah dan berkembang. Jadi tidak hanya berhenti pada gelaran PORDES saja, namun ada kelanjutan program yang berkesinambungan dengan sasaran akhir terwujudnya peningkatan prestasi atlet, “ kata Tomy.

Kepala Bidang Bina Prestasi, Ripto Susilo, mengatakan berdasarkan pantauan di lapangan greget masyarakat menyambut PORDES cukup menggembirakan, terbukti peserta yang mengikuti banyak. Dari berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan, juga ditonton banyak orang. Kedepan pelaksanaan PORDES akan terus disempurnakan dengan mempertandingkan banyak cabor, sehingga memungkinkan akan bermunculan atlet-atlet berbakat sebagai asset daerah. (eru)



Senin, 25 Nov 2019, 12:30:19 WIB Oleh : W Asmani 547 View
Agar Purworejo Terlihat di Peta Wisata Indonesia
Senin, 25 Nov 2019, 12:30:19 WIB Oleh : Sari Wijaya 1015 View
Solidaritas Guru Sejarah atas Tragedi Bu Guru Wening
Senin, 25 Nov 2019, 12:30:19 WIB Oleh : W Asmani 728 View
Ada yang Berbeda di Festival Anak Soleh Indonesia 2019

Tuliskan Komentar