Sabtu, 15 Mei 2021,


mau-dongkrak-pertumbuhan-ekonomi-yuk-investasi


redaktur
Mau Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi? Yuk Investasi!

SHARE

DALAM konferensi pers Laporan APBN Tahun 2019 yang dilaksanakan hari Selasa, 7 Januari 2020, Menteri Keuangan, Sri Mulyani memaparkan bahwa meskipun berada di tengah perlambatan ekonomi global yang dipengaruhi oleh perang dagang dan geopolitik, penurunan harga komoditi, serta perlambatan ekonomi di beberapa negara, perekonomian di Indonesia berhasil tumbuh pada angka di atas 5%. Hal tersebut salah satunya merupakan hasil dari terus meningkatnya investasi pada tahun 2019.


Mengapa investasi dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi?

  • Ekonom Ngumpul, Apa yang Dibicarakan?
  • Wow... Ada Keraton Baru di Purworejo

  • Begini alur singkatnya. Saat masyarakat mulai banyak yang berinvestasi pada perusahaan, maka modal perusahaan akan meningkat, sehingga perusahaan dapat meningkatkan kapasitas produksi, menciptakan lapagan kerja baru, serta dapat melakukan perluasan usaha. Dengan demikian perusahaan dapat tumbuh dengan sangat baik, sehingga mampu menyumbang pajak yang lebih besar kepada Negara.

    Saat perusahaan menyumbang pajak yang besar, pendapatan nasional meningkat. Hal ini dkarenakan investasi memiliki hubungan positif dengan pendapatan nasional atau yang biasa disebut dengan Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Product (GDP). Jika investasi naik, maka PDB akan naik, begitu juga sebaliknya, saat investasi turun maka PDB akan ikut turun. Seiring dengan meningkatnya PDB maka pertumbuhan ekonomi juga akan meningkat.

  • Tepis Anggapan Anak Muda Nyinyir Politik
  • Ingin Jadi Politisi Sukses? Buang Tiga Hal Ini

  • Selain meningkatkan pertumbuhan ekonomi, apa manfaat lain investasi bagi Negara?


    1. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

    Dengan meningkatnya pendapatan nasional atau PDB, pemerintah dapat mengalokasikan pendapatan tersebut untuk merealisasikan program-program pemerintah untuk membangun infrastruktur, meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan serta meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana prasarana publik. Dengan begitu kesejahteraan masyarakat dapat meningkat.


    1. Mengurangi Pengangguran

    Dengan modal yang bergulir ke perusahaan dan pemerintahan, pembangunan akan dilakukan dan peluang menambah sumber daya akan terbuka secara lebar. Investasi yang kita lakukan akan membangun pabrik, infrastruktur, meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan, dan secara otomatis membuka banyak lapangan pekerjaan yang diperlukan untuk mewujudkan tujuan pembangunan. Dengan begitu, aktivitas produksi dapat berjalan dengan baik didukung dengan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan.

    Memiliki lembaran saham suatu perusahaan tidak hanya berdampak kepada keuntungan pribadi. Saat saham suatu perusahaan berada di bursa, perekonomian sedang diserahkan ke tangan kita. Satu keputusan untuk berinvestasi menjadi peran serta masyarakat dalam menggerakkan roda ekonomi, meningkatkan pendapatan perkapita Negara, serta mengurangi tingkat pengangguran. Tunggu apalagi? Yuk investasi! (*)

    Oleh:

    Mutiara Meszova Dewi

    DIII Akuntansi Alih Program PKN STAN


    TAGS:

    SHARE


    '

    BERITA TERKAIT


    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Tulis Komentar disini