atas

Martha E Rogers dan Praktik Keperawatan

Jumat, 01 Feb 2019 | 21:44:40 WIB, Dilihat 278 Kali - Oleh Redaktur

SHARE


Martha E Rogers dan Praktik Keperawatan Martha E Rogers

Baca Juga : Ganjar Perintahkan Reformasi Birokrasi Total di Kebumen


UNITARY Human Beings merupakan model teori keperawatan Martha Elizabeth Rogers, yang memandang tentang manusia/individu sebagai unit yang utuh dan lingkungan sebagai integrasi sumber energi untuk proses  kehidupan manusia.  Antara alam semesta dan manusia, akan terjadi pertukaran energi maupun materi yang berlangsung secara terus-menerus. Rogers menjelaskan, kehidupan adalah proses hemodinamik yang terdiri dari  Resonansi, Integralitas, dan Helicy.  Salah satu prinsip hemodinamik tersebut, memberikan kita gambaran bahwa proses kehidupan tidak dapat kembali pada kondisi semula, dan perkembangannya bersifat kontinyu sepanjang waktu.

Dasar ruang lingkup keperawatan modern Rogers ini memulai investigasi keperawatan yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungan. Dalam praktiknya, seorang perawat harus dapat memandang individu secara utuh dan holistik. Artinya bahwa dalam memberikan perawatan tidak hanya melihat pada kondisi fisiknya saja, melainkan dapat memberikan asuhan keperawatan secara komperehensif pada semua aspek biologis, psikologis ,sosio, spiritual dan kultural karena aspek-aspek tersebut saling berkaitan yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan individu.  Selain itu  mengendalikan lingkungan internal dan external juga  dapat membantu pasien dalam mencapai level tertinggi kesehatannya.

Therapeutic modulation of the Psychoneroimmune system by medical acupuncture creates enhance feelings of well-being” (Walling, A, 2006). Penelitian ini tentang terapi modalitas akupuntur yang merupakan hasil penerapan dari model konseptual Martha E Rogers., Terapi akupuntur ini dapat mengubah pola medan energi manusia yang pada gilirannya akan memiliki kemampan untuk mengubah bidang lingkungan dan efektif dalam meningkatkan kesehatan. ***

Elly Trisnawati

Penulis adalah mahasiswa Magister Keperawatan Angkatan 09, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

 



Jumat, 01 Feb 2019, 21:44:40 WIB Oleh : Nanang WH 1009 View
Ganjar Perintahkan Reformasi Birokrasi Total di Kebumen
Jumat, 01 Feb 2019, 21:44:40 WIB Oleh : Ali Rizkatillah Audah, MA 614 View
Jargon Kampanye Politik
Jumat, 01 Feb 2019, 21:44:40 WIB Oleh : Prasetiyo 229 View
Disiplin Lalu-lintas Pelajar Sangat Rendah

Tuliskan Komentar