atas

Marching Band UII Juara di Thailand
Nervous Langsung Hilang Saat Kumandangkan Shalawat Badar

Rabu, 19 Des 2018 | 14:13:21 WIB, Dilihat 1178 Kali - Oleh Sholihul Hadi

SHARE


Marching Band UII Juara di Thailand Marching Band UII meraih juara di event Internasional Thailand World Music Championships 2018 di Thailand. (istimewa)

Baca Juga : Sosialisasi Pemilu, KPUD Temanggung Gelar Lomba Pidato


KORANBERNAS.ID -- Marching Band Universitas Islam Indonesia (MB UII) berhasil meraih juara 3 Kategori World Class pada kejuaraan Internasional Thailand World Music Championships 2018 (TWMC 2018). Prestasi ini mengharumkan nama Yogyakarta di kancah dunia.

Saat berlaga, MB UII menampilkan paket musik Piano (Ebony and Ivory),  yang menceritakan perseteruan ras kulit hitam dan ras kulit putih. Seharusnya, mereka hidup harmonis layaknya tuts hitam-putih yang selalu bersama di setiap instrumen piano.

Paket itu berhasil mengantarkan MB UII yang semula masuk kategori Open Class pada babak Preliminary hingga masuk kategori World Class pada Final Marching Show Band.

“Ini prestasi yang sangat baik bagi MB UII dapat masuk kategori World Class final Marching Show Band. Untuk bisa masuk kategori World Class tidak mudah. Setiap Unit Marching Band harus mengantongi nilai di atas 82.0 pada babak Preliminary,” ungkap Dicky Gra Anggara, Ketua MB UII Periode 2017/2018.

Melalui rilisnya ke koranbernas.id, Rabu (19/12/2018), dia menyampaikan inilah kali pertama MB UII mengikuti kejuaraan internasional di luar Indonesia. Dengan jumlah 84 player, MB UII tampil pada babak Preliminary, Jumat (14/12/2018), berhasil mengantongi nilai total 82.750.

Sedangkan Field Commander (FC) MB UII, Ramadhan Dwiki, mengaku sangat nerveous pada babak Preliminary. Baginya, memimpin penampilan itu tidak mudah namun yakin saja semua yang sudah dikerjakan itulah yang terbaik.

“Ketika prelims awalnya sangat nervous, tapi dengan yakin saat masuk lapangan mengucap bismillah di dalam hati seketika langsung hilang nervous, apalagi saat dikumandangkan shalawat Badar. Saat pertama kali di lapangan TWMC, sudah yakin aja gitu apa yang kita kerjakan selama ini, itulah yang terbaik yang kita raih,” ujar mahasiswa asal Balikpapan ini.

Tidak sendirian, Ramadhan Dwiki didampingi kedua  FC lainnya yaitu Laras Laksita dan Abdul Halim Hanafi berusaha maksimal memimpin penampilan hingga mengantarkan MB UII ke Final World Class.

Penampilan pemain Marching Band UII di Thailand. (istimewa)

Pada Final Marching Show Band, Minggu (16/12/2018), MB UII kembali menampilkan Piano. Alunan Shalawat Badar ikut dimainkan sebagai lagu pemanasan sekaligus ciri khas MB UII sejak kejuaraan sebelumnya pada Grand Prix Marching Band (GPMB) 1994.

Akhirnya, MB UII meraih juara 3 World Class.  “Alhamdulillah Marching Band UII meraih juara 3 World Class TWMC 2018. Sebuah kebanggaan bagi Marching Band UII karena ini merupakan kejuaraan internasional luar negeri pertama yang kita ikuti dan juga cita-cita MB UII sejak lama. Alhamdulillah bisa kita realisasikan tahun ini,” kata Dicky Gra Anggara.

Menurut dia, kemenangan itu menjadi standar baru MB UII untuk bisa menampilkan yang terbaik di setiap kejuaraan. Gelar juara tersebut memacu semangat semua player, termasuk Marvia, player Color Guard.

“Kalau ada kejuaraan lagi insyaAllah saya ikut, saya juga nyaman dan senang jadi bagian MBUII,” kata mahasiswa Jurusan Akuntansi angkatan 2017 itu.

Kostum Marching Band UII. (istimewa)

Marching Band UII merupakan lembaga khusus di lingkungan Keluarga Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (KM UII). Pada era 1980-an,  dengan dukungan Dewan Mahasiswa dan civitas akademika dibentuklah Drum Band Universitas Islam Indonesia.

Saat itu sebagian besar anggotanya putri, maka unit ini dinamakan Drum Band Putri Universitas Islam Indonesia atau sering disebut DBP UII.

Tujuan utama dibentuknya Drum Band adalah sebagai media syiar Islam bagi Universitas Islam Indonesia. Pada 25 Februari 1984 Drum Band Universitas Islam Indonesia berubah nama menjadi Marching Band Universitas Islam Indonesia MBUII. Sejak itu, unit ini mulai menampung anggota putra.

Selama kurun waktu 2014-2018 Marching Band UII meraih sejumlah prestasi. Yaitu, 1st Runner Up Color Guard pada kejuaraan Internasional JOMC 2014, 1st Runner Up Street Parade kejuaraan Internasional JOMC 2014, peringkat V Brass Ensemble kejuaraan BMBC 2014, peringkat VI Brass Band kejuaraan BMBC 2014, peringkat VIII Divisi Utama kejuaraan GPMB 2015, 1st Runner Up Brass Battle kejuaraan Internasional JOMC 2016, 1st Runner Up Color Guard Contest kejuaraan Internasional BMBC 2016.

Kemudian, peringkat 1 Percussion Contest kejuaraan BMBC 2016 dan mengadakan Indonesia’s Marching Kids Competition 2017, mengadakan Konser bertajuk MBUII Festival 2017 serta mengadakan Indonesia’s Marching Kids Competition 2018. (sol)



Rabu, 19 Des 2018, 14:13:21 WIB Oleh : Endri Yarsana 489 View
Sosialisasi Pemilu, KPUD Temanggung Gelar Lomba Pidato
Rabu, 19 Des 2018, 14:13:21 WIB Oleh : W Asmani 867 View
Ada Tenda Lancip di Pasar Beringharjo
Rabu, 19 Des 2018, 14:13:21 WIB Oleh : Nila Jalasutra 4088 View
PNS Pensiun Peroleh Tali Asih Rp 1 Juta

Tuliskan Komentar