atas1

Mall Makin Tumbuh Pesat

Selasa, 08 Okt 2019 | 00:54:16 WIB, Dilihat 377 Kali - Oleh Yvesta Putu Sastrosoendjojo

SHARE


Mall Makin Tumbuh Pesat Interior One Batam Mall. (istimewa)

Baca Juga : Wayang Jogja Night Carnival Kenalkan 14 Wayang Milik Keraton


KORANBERNAS.ID -- Perkembangan perekonomian masyarakat semakin pesat. Salah satu sarana pendukung untuk memenuhi kebutuhan masyarakat adalah keberadaan fasilitas, salah satunya mall.

Salah satu mall yang berkembang ada di Batam. Perkembangan positif terjadi di kota ini karena lokasi geografis yang strategis karena  berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Posisinya yang menjadi bagian dari jalur perkapalan internasional, maka kota Batam memiliki pertumbuhan yang pesat.

Hal ini ditambah lagi dengan  adanya  kebijakan baik dari pemerintah pusat dan daerah yang mendukung kemajuan infrastruktur sehingga mendorong pembangunan hunian dan fasilitas penunjang termasuk bangunan komersial. Salah satunya adalah pendirian One Batam Mall yang merupakan bangunan mixed-use yang pengerjaan konstruksinya telah dimulai sejak tahun 2017.

One Batam Mall yang terletak di pusat kota Batam didesain oleh salah satu konsultan arsitektur ternama dari Jakarta yaitu PHL Architects yang memiliki spesialisasi dalam desain sustainability, bangunan tinggi komersial, perhotelan, perkantoran dan bangunan kebudayaan termasuk urban design. One Batam Mall terdiri 5 lantai bangunan dan 3 lantai basement yang dibangun di atas lahan seluas 4,5 Ha.

"Kedepannya, One Batam Mall akan dilengkapi dengan fasilitas komersial lainnya yaitu hotel, perkantoran dan apartemen," ujar Humas One Batam Mall, Qori Sandioriva dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/10/2019).

Di atas lahan 4,5 Ha tersebut terdapat pula bangunan lama yang nantinya akan di redesain. PHL Architects berusaha mempertahankan sebagian bangunan lama dan menambahkan bangunan baru dengan memasukkan program dan aktivitas terkini untuk dapat menghidupkan kembali bangunan lama yang terintegrasi dengan bangunan baru.

Mengusung konsep lifestyle, urban and family, One Batam Mall memiliki pilihan kegiatan berbelanja yang rekreatif dan karya seni kreatif lokalitas yang dipamerkan. Karya seni kreatif dan kegiatan lokal difokuskan pada bangunan lama yang diredesain. Sedangkan aktivitas berbelanja dan aneka hiburan lainnya difokuskan pada bangunan baru. One Batam Mall mengutamakan konsep program ruang "three in one", yaitu shopping mall, alfresco,marketplace.

Menurut Qori Sandioriva, One Batam Mall akan menjadi destinasi belanja dan rekreasi bersama bagi keluarga dari berbagai umur serta wisatawan. Mall yang dirancang untuk memanjakan pelanggan dengan berbagai varian produk retail, rekreasi dan hobi-hobi lainnya.
One Batam Mall sebagai shopping mall memiliki luas bangunan 170,000 m2 dan akan diisi oleh tenant ternama yang terdiri dari tenant besar (anchor) dan specialty. Pemasaran dan pengisian tenant sebagian besar dilakukan oleh GMT Commercial. Alfresco merupakan ruang terbuka yang terletak di antara gedung baru dan lama.

"Alfresco dirancang dengan mempertimbangkan proporsi ruang dan alam untuk membuat area ini menjadi ruang bersama yang menghibur bagi keluarga dan teman. Alfresco dapat menjadi tempat yang cocok untuk memenuhi gaya hidup kekinian yang mengutamakan relaksasi dan kenyamanan," ungkapya.

Pengunjung dapat langsung menikmati acara musik sambil bersantai ditemani dengan deretan restoran dan kafe di sepanjang alfresco. Selain alfresco, One Batam Mall juga memiliki konsep marketplace, dimana aktivitas kuliner berfokus pada area ini. Area marketplace memiliki 4 lantai, dimana masing masing lantai memiliki spesialisasinya sendiri di bidang kuliner, mulai dari makanan lokal hingga mancanegara. Area marketplace juga langsung terhubung  ke area outdoor, sehingga pengunjung dapat bersantai sambil menikmati udara luar.

"Selanjutnya One Batam Mall akan dikelola oleh GMT Property yang telah berpengalaman diberbagai pengelolaan retail di tanah air termasuk komersial bandara dan lain-lain," imbuhnya.(*/yve)



Selasa, 08 Okt 2019, 00:54:16 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 233 View
Wayang Jogja Night Carnival Kenalkan 14 Wayang Milik Keraton
Selasa, 08 Okt 2019, 00:54:16 WIB Oleh : Nanang WH 402 View
Kekeringan, Volume Air Sempor Tinggal 0,95 Juta Kubik
Senin, 07 Okt 2019, 00:54:16 WIB Oleh : Putut Wiryawan 220 View
Jangan Sakit

Tuliskan Komentar