atas1

Mahasiswa Polbangtan YoMa Lakukan Mini Riset Pengendalian Hayati

Sabtu, 19 Okt 2019 | 02:04:50 WIB, Dilihat 142 Kali - Oleh Redaktur

SHARE


Mahasiswa Polbangtan YoMa Lakukan Mini Riset Pengendalian Hayati Mini riset mahasiswa Polbangtan YoMa, Selasa (15/10/2019). (Istimewa)

Baca Juga : Patriot Desa Digital Tingkatkajn Daya Saing Ekonomi Bangsa


KORANBERNAS.ID — Mahasiswa program studi Agribsinis Hortikultura semester 3 Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa), Selasa (15/10/2019) di Laboratorium Perlindungan Tanaman Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang Kampus Yogyakarta, melakukan mini riset mengenai pengendalian larva Kumbang Kelapa (Oryctes rihonoceros). Mereka memanfaatkan aplikasi jamur entomopatogen yakni Metarhizium anisopliae. 

Larva kumbang kelapa ini merupakan hama penggerek pohon kelapa. Sehingga apabila populasinya melebihi ambang batas populasi dan ambang ekonomi maka perlu dilakukan pengendalian yang ramah lingkungan.

Salah satunya adalah dengan menggunakan jamur entomopatogen Metarhizium anisopliae.

Riset didanpingi dosen pengampu mata Kuliah Perlindungan OPT Ir. Heriyanto, M.S.

Aplikasi jamur Metarhizium anisopliae ini dikombinasikan dengan pemberian media cocopeat steril dan media alami berupa campuran tanah dan cocopeat yang tidak disterilkan.  

Mini riset yang dilakukan oleh mahasiswa ini harapannya dapat mengukur efektifitas jamur Metarhizium anisopliae dalam mengendalikan larva kumbang kelapa. 

“Selain itu, harapannya mahasiswa juga akan lebih memaknai proses pengendalian hayati sehingga nantinya siap ketika harus mengaplikasikan ilmu yang telah didapat selama studi dan melayani petani,” papar Heriyanto. (*/yve)



Sabtu, 19 Okt 2019, 02:04:50 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 183 View
Patriot Desa Digital Tingkatkajn Daya Saing Ekonomi Bangsa
Jumat, 18 Okt 2019, 02:04:50 WIB Oleh : Sari Wijaya 316 View
HUT Golkar di Bantul Bertabur Hadiah
Jumat, 18 Okt 2019, 02:04:50 WIB Oleh : Nila Jalasutra 2763 View
Warga Lereng Merapi Mohon Perlindungan

Tuliskan Komentar