TNI-stipram

Login Kartu Akses KSEI Terbanyak Pecahkan Rekor MURI

Rabu, 07 Nov 2018 | 23:09:49 WIB, Dilihat 163 Kali - Oleh Sholihul Hadi

SHARE


Login Kartu Akses KSEI Terbanyak Pecahkan Rekor MURI Penyerahan Rekor MURI Login Aplikasi Pasar Modal oleh Investor Terbanyak di Sportorium UMY, Rabu (07/11/2018) malam. (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Baca Juga : Pemkab Sleman Miliki Kader Pancasila


KORANBERNAS.ID – Gelaran Youth Festival Day 2018 yang berlangsung di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Rabu (07/11/2018) malam, tak hanya berlangsung meriah tetapi juga berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Penciptaan rekor Login Aplikasi Pasar Modal oleh Investor Terbanyak ini merupakan inisiatif PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), PT First Asia Capital Sekuritas (FAC), Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GI BEI)  serta Kelompok Studi Pasar Modal Fakultas Ekonomi dan Bisnis (KSPM FEB) UMY.

Sertifikat MURI diserahkan oleh Manager MURI Cabang Semarang, Aryani Siregar SE, diterima Direktur KSEI Syaffrudin, Direktur Keuangan dan SDM BEI Rissa Effennita Rustam, Direktur Operasional FAC Amrin Tarigan dan Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto MP.

Turut hadir pada acara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Budi Wibowo serta Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Yogyakarta Untung Nugroho. Acara tersebut juga dimeriahkan konser musisi Rizky Febian dan Letto.

“Sebanyak 3.000 mahasiswa kami menjadi investor muda. Ini merupakan langkah nyata dari UMY untuk Indonesia,” ungkap Gunawan Budiyanto.

Menurut dia, penciptakan rekor MURI Login Aplikasi Pasar Modal oleh Investor Terbanyak merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia.

“Kegiatan penciptaan Rekor MURI ini dilakukan untuk meningkatkan literasi dan inklusi di pasar modal dengan semangat menumbuhkan dan menggerakkan  perekonomian Indonesia melalui pasar modal,” kata Gunawan.

Dia berharap, dari kegiatan ini tercipta generasi muda yang sadar akan pentingnya berinvestasi di Pasar Modal Indonesia dan agen-agen literasi pasar modal.

Investor yang login sepenuhnya dikawal oleh PT FAC Sekuritas dalam kurun waktu 10 September 2018 sampai 3 November 2018. Dalam jangka waktu tersebut akhirnya terpecahkan angka 3.000 Login Kartu AKSes KSEI.

Sebelumnya, pada 2013 UMY berhasil menciptakan rekor MURI 1.000 Investor Saham yang juga bekerja sama dengan PT FAC Sekuritas dan pada 2015 rekor MURI penciptaan 4.500 Investor Reksadana Syariah bekerja sama dengan Manulife.

Kemeriahan acara Youth Festival Day 2018 yang berlangsung di Sportorium UMY. (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Direktur KSEI Syaffruddin juga berharap ke depan semakin banyak pencapaian lain atas pemanfaatan fasilitas AKSes seperti yang sudah dilakukan oleh 3.000 mahasiswa UMY.

“Fasilitas AKSes merupakan sarana perlindungan investor yang disediakan oleh KSEI sejak 2009. Dengan fasilitas ini, investor diberikan akses untuk melihat secara langsung portopolio investasinya yang tersimpan di KSEI. Selaku satu-satunya Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian di Pasar Modal Indonesia maka data portopolia investor yang terkonsolidasi dan valid hanya tersedia di sistem KSEI,” paparnya.

KSEI memandang ajang ini sebagai momentum yang sangat positif dan diharapkan inisiatif serupa diikuti oleh universitas  lain di Indonesia.

Dengan demikian, lanjut dia, investor muda sejak dini sudah tertanam untuk menjadi investor yang tidak hanya cerdas berinvestasi di pasar modal namun juga memantau portopolio investasinya melalui fasilitas AKSes.

Sebagai gambaran, berdasarkan data Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada tahun 2017 tercatat DIY memiliki 112 perguruan tinggi negeri dan swasta dengan  jumlah mahasiswa 372 ribu orang. “Ini merupakan potensi yang luar biasa bagi pengembangan investor di Indonesia,” kata Syaffruddin.

Berdasarkan data KSEI per akhir September 2018, secara demografis jumlah investor yang berasal dari kalangan pelajar/mahasiswa sebanyak 16,59 persen. Artinya, dari total jumlah investor berada di peringkat dua dibandingkan investor dengan profesi pegawai.

Untuk DIY, jumlah investor yang berasal dari kalangan pelajar/mahasiswa mencapai 19,22 persen. Dari segi usia, investor juga semakin bergerak ke usia muda. Saat ini jumlah investor secara nasional didominasi usia 21-30 tahun sebanyak 34,13 persen.

Dalam kesempatan itu, Syaffruddin menyampaikan saat ini KSEI sedang mengembangkan fasilitas AKSes Next Generation (AKSes Next-G) untuk memberikan kemudahan bagi investor memantau portofolia investasinya, sekaligus memperoleh informasi lainnya yang terkait dengan pasar modal.

Penggunaan fasiltasi AKSes juga akan dipermudah hanya perlu login dengan menggunakan  Nomor Induk Kependudukan (NIK) karena KSEI sudah bekerja sama dengan Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri untuk pemanfaatan data kependudukan. (sol)



Rabu, 07 Nov 2018, 23:09:49 WIB Oleh : Nila Jalasutra 110 View
Pemkab Sleman Miliki Kader Pancasila
Rabu, 07 Nov 2018, 23:09:49 WIB Oleh : W Asmani 85 View
Kesenjangan di Kota Yogyakarta Tertinggi se-Indonesia
Rabu, 07 Nov 2018, 23:09:49 WIB Oleh : Sari Wijaya 148 View
Mayat Lelaki Terbakar di Bumi Perkemahan

Tuliskan Komentar