Senin, 27 Sep 2021,


lima-jam-ombak-besar-terjadi-di-pantai-suwukPetugas Polsek Puring dan Koramil Puring berpatroli mencegah warga berada di daerah berbahaya. (istimewa)


Nanang W Hartono
Lima Jam Ombak Besar Terjadi di Pantai Suwuk

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Ombak besar hingga ketinggian enam meter, Minggu (1/8/2021), terjadi di Pantai Suwuk Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen Jawa Tengah.


Pada destinasi wisata yang sedang ditutup karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 itu, ombak sempat naik ke daratan hingga sejauh sepuluh meter. Ini terjadi selama lima jam. Tidak ada korban jiwa maupun kerugian material.


Gelombang pasang terlihat sejak pagi hingga sore, menyapu sejumlah warung di tepi pantai. Gelombang pasang sempat memporak-porandakan tempat parkir. Sejumlah sepeda motor roboh dan sejumlah lapak warung serta jalan paving rusak.

Kepala Seksi Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman mengatakan, meskipun tidak ada korban jiwa, untuk mengantisipasi kejadian terburuk Polsek Puring mengimbau pengunjung pantai agar tidak berada di bibir pantai.  “Ombaknya besar hari ini. Warga kami imbau untuk menjauh dari pantai,” kata Tugiman.


Petugas Polsek setempat sudah standby di dekat obyek wisata. “Jika ada warga yang akan mendekat, langsung kita tegur,” kata Tugiman.

Seluruh Polsek yang memiliki garis pantai tengah siaga dan mengarahkan patroli ke dekat pantai menghalau warga untuk tidak mendekat.

Kapolsek Puring Iptu Suwarto menambahkan, ombak dengan ketinggian 4 - 6 meter terjadi sejak pukul 09:00 hingga 14:00. Air masuk daratan hingga sejauh sepuluh meter dari bibir pantai.

“Pantai ditutup, beberapa motor yang diparkir, ambruk dan saling bertumbukan, karena di parkir di pasiran,” kata Suwarto. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini