atas1

Lawan Jerawat dengan Terapi IPL

Rabu, 12 Des 2018 | 23:43:56 WIB, Dilihat 1289 Kali - Oleh Rosihan Anwar

SHARE


Lawan Jerawat dengan Terapi IPL Seorang klien mencoba terapi IPL di bawah pengawasan dr Gadis Frinawati beberapa waktu lalu. (istimewa)

Baca Juga : Saat Gareng Pegang Gagang Mikrofon


KORANBERNAS.ID -- Jerawat merupakan persoalan yang kerap mengganggu penampilan seseorang. Bagi pelajar, mahasiswa maupun kaum dewasa, jerawat sering menyebabkan tak percaya diri.

Pakar estetika dan juga dokter kulit ternama di Yogyakarta, Dr Gadis Frinawati MPH, saat diwawancarai koranbernas.id menyebutkan, saat ini ada solusi ampuh mengatasi permasalahan jerawat ringan dan sedang yang sering menjadi momok penampilan seseorang. Solusi tersebut adalah terapi perawatan Intense Pulsed Light (IPL).

IPL treatment merupakan terapi perawatan kulit yang memanfaatkan cahaya lampu xenon dengan intensitas yang tinggi untuk meremajakan jaringan kulit.

Menurut Gadis, terapi IPL sejatinya tidak hanya dapat mengatasi jerawat saja tetapi juga problem kulit lainnya seperti flek, noda hitam, bekas luka, kerutan dan garis halus, serta masalah penuaan.

“Terapi IPL bisa mengatasi persoalan vascular therapy, skin rejuvenation atau peremajaan kulit, menghilangkan tahi lalat tanpa luka. Bisa juga untuk mengatasi produksi minyak berlebih di wajah, menghilangkan bulu di bagian tubuh yang tidak diinginkan dan berbagai permasalahan lain,” kata Gadis, Selasa (11/12/2018).

Meski menggunakan cahaya, namun terapi IPL berbeda dengan terapi laser. Terapi laser hanya bekerja dengan satu gelombang cahaya saja dan bersifat terkonsentrasi pada satu sel target saja.

Sedangkan IPL treatment memanfaatkan paduan berbagai macam gelombang cahaya sehingga dapat menarget area yang lebih besar. Terapi IPL, ujar Gadis, juga diklaim lebih minim risiko efek samping ketimbang terapi laser.

“Jadi terapi IPL bekerja menggunakan cahaya ultraviolet maupun gelombang cahaya lainnya yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Saya yakin prosedur IPL masih akan menjadi best seller untuk perawatan jerawat taraf ringan hingga tahun 2019,” ujarnya.

Di sela-sela acara Beauty Expo di Yogyakarta, dokter Gadis Frinawati sempat mendemonstrasikan prosedur perawatan menggunakan terapi IPL yang terbilang aman.

Lewat IPL Photofacial maka sangat mudah melakukan facial wajah karena menggunakan sinar tembak. Perawatan hanya memakan waktu sekitar 20 menit.

“Wajah terlebih dahulu diolesi gel dingin, kemudian alat perangkat genggam yang memancar semburan intens kecil cahaya pada kulit diletakkan pada area yang akan diterapi,” tuturnya.

Terapi pengangkatan masalah wajah seperti jerawat misalnya, akan lebih tepat dan cepat dengan tingkat keberhasilan total hingga 80-100 persen.

Dengan kecepatan dan ketepatan ini, klien akan mendapatkan efektivitas yang maksimal untuk mendapatkan wajah yang indah dan terawat.

“Sejauh ini terapi IPL cenderung aman dilakukan, namun harus di bawah pengawasan dokter ahli,” tandas dokter yang juga mempopulerkan teknik sulam alis di Yogyakarta itu.

Bagi pribadi yang memiliki masalah akut dengan jerawat, Gadis Frinawati menawarkan paket perawatan IPL dengan harga terjangkau dan mendapat potongan khusus hingga setengah harga dalam rangka Natal dan Tahun Baru.

Publik dapat mendatangi langsung klinik Sabrina Beauty Care di Ring Road Square Kavling 4 Sleman.

Lantas apakah terapi IPL ampuh untuk atasi jerawat? Dari hasil penelitian yang dipublikasikan jurnal Dermatology Therapy di awal tahun ini, terapi IPL yang menggunakan perpaduan cahaya ultraviolet dan gelombang cahaya lainnya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Terapi ini juga dibuktikan dapat mengecilkan ukuran kelenjar minyak sehingga mampu mengendalikan jumlah produksi minyak wajah. Minyak wajah merupakan salah satu faktor pemicu munculnya jerawat. (sol)



Selasa, 11 Des 2018, 23:43:56 WIB Oleh : Arie Giyarto 661 View
Saat Gareng Pegang Gagang Mikrofon
Senin, 10 Des 2018, 23:43:56 WIB Oleh : Masal Gurusinga 478 View
Sering Banjir, Gorong-gorong Jatinom Dibongkar
Senin, 10 Des 2018, 23:43:56 WIB Oleh : Sholihul Hadi 489 View
ACT DIY Bekali Santri dengan Mitigasi Bencana

Tuliskan Komentar