atas

Kualitas Bangsa Ditentukan Kualitas Keluarga

Senin, 22 Apr 2019 | 18:50:01 WIB, Dilihat 294 Kali - Oleh Nanang WH

SHARE


Kualitas Bangsa Ditentukan Kualitas Keluarga Upacara peringatan Hari Kartini ke-140 di Pendopo Rumah Dinas Buoati Kebumen, Senin, (22/4/2018).(Humas Pemkab Kebumen)

Baca Juga : Belajar dari Pengalaman USBN Terlaksana Lancar


KORANBERNAS.ID--Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz berpandangan, kualitas suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat. Keluarga yang berkualitas, merupakan awal terbentuknya generasi dan masyarakat yang berkualitas.

KH Yazid Mahfudz mengatakan hal itu, ketika menjadi pembina upacara peringatan Hari Kartini ke-140 tahun 2019 tingkat Kabupaten Kebumen di Pendopo Rumdin Bupati, Senin (22/4/2019).

Keluarga berkualitas dibentuk berdasarkan perkawinan yang sah dan bercirikan sejahtera, sehat, maju, mandiri. Memiliki jumlah anak yang ideal, berwawasan ke depan, bertanggung-jawab, harmonis dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Keluarga juga diyakini sebagai wadah pertama dan utama dalam pembentukan kepribadian manusia. Karena dalam keluarga terdapat rangkaian interaksi sosial yang terkait dengan peran dan fungsi keluarga. Seperti fungsi keagamaan, budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi dan pembinaan lingkungan.

“Ini sesuai dengan tema Peringatan Hari Kartini tahun ini, yakni Dengan Semangat Kartini Wujudkan Kualitas Keluarga untuk Jawa Tengah Maju dan Berdikari. Tema ini sangat relevan dengan kondisi aktual saat ini,” kata Yazid Mahfudz.

Berkat perjuangan RA Kartini, saat ini banyak perempuan perempuan Indonesia yang hebat. Tidak hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga di sektor domestik, tetapi ikut berpartisipasi juga dalam memberikan warna di sektor publik. Baik di jajaran eksekutif, legislatif maupun yudikatif.

 

“Namun perlu diingat, bahwa perempuan boleh berkiprah serta meniti karier setinggi mungkin, tetapi tidak boleh mengabaikan peran kodratinya sebagai perempuan. Utamanya posisi istimewanya sebagai ibu dan istri,” pesan Yazid Mahufdz.

Kaum perempuan memahami eksistensi dan hakikat dirinya. Kedudukan perempuan adalah pencetak generasi yang berkualitas. Perannya sebagai seorang Ibu adalah mendidik serta membesarkan anak-anaknya.

Berbekal kapasitas ilmu yang ia miliki dan berazaskan ajaran agama, sehingga lahirlah generasi emas dari tangan-tangan yang penuh kesabaran dan kesungguhan.

Pada upacara peringatan Hari Kartini ke-140 di lingkungan Pemkab Kebumen, sebagian besar peserta upacara mengenakan pakaian adat khas Kabupaten Kebumen.

Nampak juga peringatan Hari Kartini di sejumkah sekolah. Moment ini memberi rezeki bagi pengelola perias. Sejak Senin (22/4/2019) dini hari, sejumlah pelajar di sejumlah salon kecantikan. Biaya rias dan sewa kostum paling sedikit Rp 75. 000. (SM)



Senin, 22 Apr 2019, 18:50:01 WIB Oleh : Nila Jalasutra 229 View
Belajar dari Pengalaman USBN Terlaksana Lancar
Senin, 22 Apr 2019, 18:50:01 WIB Oleh : Sari Wijaya 196 View
Ribuan Orang Berdoa untuk Keselamatan Indonesia
Senin, 22 Apr 2019, 18:50:01 WIB Oleh : Endri Yarsana 439 View
Komandan Apel hingga Ajudan Semua Perempuan

Tuliskan Komentar