atas1

KPPS Dilanda Kesibukan Luar Biasa

Selasa, 16 Apr 2019 | 20:09:01 WIB, Dilihat 418 Kali - Oleh Masal Gurusinga

SHARE


KPPS Dilanda Kesibukan Luar Biasa Kesibukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 1 Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo. (masal gurusinga/koranbernas.id)

Baca Juga : Festival Kuliner Sleman Angkat Jajanan Legendaris


KORANBERNAS.ID -- Sehari menjelang pelaksanaan pemungutan suara pemilu 2019, kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di Kabupaten Klaten makin sibuk. Pengurus KPPS mempersiapkan semua keperluan agar proses pemungutan suara pada hari Rabu (17/4/2019) berjalan lancar.

Anggota KPPS 1 Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo, misalnya, sibuk mempersiapkan lokasi pemungutan suara dan mempersiapkan segala keperluan.

Sebagian menata tempat, sebagian lagi memasang lampu penerang ruangan, bilik suara dan kotak suara, tinta, selebihnya merapikan ruang tunggu dan meja saksi.

"TPS 1 ini menempati Gudang BUMDes di Dukuh Ponggok RT 1/RW 1 Desa Ponggok. Seluruh logistik berupa surat suara dan isinya sudah kami terima," kata Herry Kristiono, Ketua KPPS 1 Desa Ponggok, Selasa siang.

Dia menjelaskan di TPS 1 ada 207 daftar pemilik tetap (DPT). Dan seluruh surat undangan C6 sudah diedarkan ke pemilih. Hanya saja ada 7 surat C6 yang kembali ke penyelenggara karena ada 6 warga meninggal dunia dan satu warga lainnya pindah.

Herry mengakui dalam proses pemilu kali ini ada sedikit kendala yang dihadapi KPPS karena penerimaan dan pendistribusian surat C6 sangat singkat waktunya.

Akibatnya KPPS dilanda kesibukan yang luar biasa. "Surat undangan C6 kami terima tanggal 9 April dan ketentuannya harus didistribusikan tanggal 12 hingga 14 April. Waktunya yang singkat membuat kami sibuk sekali," ujarnya.

Kesibukan juga terihat di TPS 6 Desa Dalangan Kecamatan Tulung. Ketua KPPS 6, Istri S, mengatakan TPS 6 yang memiliki 211 DPT dari dua dukuh yakni Dukuh Kwarangan dan Tombol menempati bangunan yang belum jadi.

"TPS 6 menempati bangunan belum jadi yang sehari-hari berfungsi sebagai warung makan. Meski kondisinya seperti ini tidak masalah buat kami. Yang penting pelaksanaan pemilu berjalan lancar dan sukses," ujarnya di TPS 6 di wilayah RT 11/RW 5 Desa Dalangan.

Isti berharap pada pemilu kali ini partisipasi warga meggunakan hak pilihnya meningkat dibanding pemilihan sebelumnya, karena hari libur nasional. (sol)



Selasa, 16 Apr 2019, 20:09:01 WIB Oleh : Nila Jalasutra 666 View
Festival Kuliner Sleman Angkat Jajanan Legendaris
Selasa, 16 Apr 2019, 20:09:01 WIB Oleh : Sholihul Hadi 330 View
Money Politics Rendahkan Martabat Rakyat
Selasa, 16 Apr 2019, 20:09:01 WIB Oleh : Sholihul Hadi 3639 View
Lucu, Bayi Orangutan Umur 35 Hari Saat Bersama Induknya

Tuliskan Komentar