atas1

Kenapa Wanita Harus Rutin Periksa IVA

Jumat, 04 Okt 2019 | 17:28:07 WIB, Dilihat 157 Kali - Oleh Nila Jalasutra

SHARE


Kenapa Wanita Harus Rutin Periksa IVA Peserta pemeriksaan IVA gratis di PMI Cabang Sleman, Kamis (3/10/2019). (istimewa)

Baca Juga : TMMD Reguler Hanya di Empat Kabupaten


KORANBERNAS.ID – IVA atau Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) adalah pemeriksaan untuk deteksi dini kanker leher rahim atau serviks. Mengingat jumlah penderitanya semakin bertambah, kaum wanita harus secara rutin melakukan pemeriksaan.

 “Kanker serviks saat ini masih menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia,” ungkap dr H Nur Muhammad Artha MSc MKes SPA, Direktur RSU Sakina Idaman Sleman.

Bekerja sama dengan PMI Sleman, rumah sakit ini menyelenggarakan pemeriksaan IVA gratis di Markas PMI setempat, Kamis (3/10/2019).

Selain untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-25 RSU Sakina Idaman, kegiatan yang diikuti lebih dari 50 wanita ini juga dalam rangka HUT ke-74 PMI.

Dokter Artha berharap melalui pemeriksaan rutin kasus-kasus kanker serviks  bisa semakin ditekan. Kualitas hidup dan derajat kesehatan masyarakat meningkat.

Kasus kanker serviks di Indonesia rata-rata mencapai 15.000 per tahun. Dari jumlah tersebut, 8.000 di antaranya berujung kematian.

“Karena itu, sangat penting agar kaum wanita secara rutin memeriksakan diri. Salah satunya dengan periksa IVA ini. Supaya kalau ada indikasi munculnya kanker serviks, bisa segera dilakukan langkah penanganan lebih lanjut demi kesembuhan penderitanya,” kata Artha.

Baginya, kerja sama dengan PMI merupakan langkah awal dari kegiatan serupa yang akan dilaksanakan secara meluas di wilayah Sleman.

RSU Sakina Idaman sudah memastikan akan menggelarnya di 17 kecamatan serta 3 perusahaan yang meminta diadakan pemeriksaan IVA gratis.

“Seperti halnya dengan PMI, di tiap kecamatan kami akan menggandeng instansi setempat. Bisa kecamatan bisa juga kelurahan atau desa. Sebab yang paling mengetahui kondisi kan aparatur setempat,” katanya.

Pihaknya menargetkan 100 peserta dalam setiap pemeriksaan IVA yang merupakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) RSU Sakina Idaman.

Kegiatan serupa diharapkan menjadi agenda rutin tahunan, untuk membantu masyarakat lebih terjaga dari risiko munculnya penyakit kanker erviks.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun menyambut baik kegiatan sosial yang diinisiasi oleh RSU Sakina Idaman.

Pihaknya juga mendukung penuh acara ini, yang diakuinya membawa manfaat yang besar bagi masyarakat, terutama dikaitkan dengan upaya menekan angka kematian ibu akibat kanker.

“Saya berharap kegiatan ini bisa dilakukan tidak hanya setahun sekali. Pemeriksaannya juga bisa lebih menyebar menjangkau masyarakat di pedesaan,” kata Sri Muslimatun.

Supartono Ajo Handoro selaku Humas dan Marketing RSU Sakina Idaman menambahkan, menyusul kegiatan di PMI Sleman, pada 6 Oktober diadakan kegiatan serupa di Seyegan.

Sejauh ini belum dipastikan lokasinya, masih terus berkoordinasi untuk memilih lokasi yang tepat. (sol)



Jumat, 04 Okt 2019, 17:28:07 WIB Oleh : Nanang WH 175 View
TMMD Reguler Hanya di Empat Kabupaten
Jumat, 04 Okt 2019, 17:28:07 WIB Oleh : Nila Jalasutra 134 View
Sleman Miliki Klinik Rehabilitasi Napza Gratis
Jumat, 04 Okt 2019, 17:28:07 WIB Oleh : W Asmani 329 View
Kala Pelajar Kunjungi Gedung Angker

Tuliskan Komentar