TNI-stipram

Kenaikan Dolar Disambut Sangat Gembira

Kamis, 11 Okt 2018 | 21:58:54 WIB, Dilihat 69 Kali - Oleh Nila Jalasutra

SHARE


Kenaikan Dolar Disambut Sangat Gembira Heru Prasetyo, pemilik Pras Craft dari Dusun Kadisobo Desa Trimulyo Sleman. (nila jalasutra/koranbernas.id)

Baca Juga : Beli Ponsel Di Mall Ini Berhadiah Mobil


KORANBERNAS.ID -- Kenaikan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah, disambut sangat gembira oleh pelaku usaha kerajinan dengan pasar ekspor, karena mampu menaikkan volume ekspor serta nilai perdagangan.

Dampak menguntungkan dari menguatnya nilai dolar atas rupiah itu diungkapkan pemilik Pras Craft, Heru Prasetyo, saat ditemui di workshop usahanya Dusun Kadisobo Desa Trimulyo Sleman, Kamis (11/10/2018).

“Kenaikan nilai tukar dolar, sangat disambut gembira para perajin industri kecil dengan pasar ekspor, karena mampu memberikan nilai tambah keuntungan, serta volume pemasaran secara signifikan,” jelas Heru.

Pras Craft, yang saat ini memproduksi limbah resin kayu jati menjadi properti rumah seperti meja kursi, tempat lilin dan pot bunga serta perlengakapan lain, dalam satu semester terakhir, menunjukkan peningkatan pemasaran ekspor, dari nilai sekitar 18 ribu dolar per bulan menjadi hampir 30 ribu dolar.

Kondisi ini, menurut Heru Prasetyo, menjadikan perajin industri kecil dengan pasar ekspor dapat bernafas sedikit lega, karena tiap bulannya mampu menyisihkan sisa keuntungan hingga sekitar Rp 30 juta.

Ekspor produk kerajinan ke Amerika Serikat saat ini meningkat tajam, karena kebijakan negara itu yang akan menerapkan bea masuk barang impor sebesar 25 persen.

Para importer AS melakukan pembelian besar-besaran aneka produk kerajinan dari Indonesia, sebelum bea masuk barang 25 persen diterapkan oleh pemerintahnya.

Meskipun demikian, Heru tetap berharap nilai tukar rupiah bisa kembali stabil sehingga berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pasar ekspor terbesar produknya adalah Eropa dan Amerika Serikat. "Baru-baru ini kami juga mengekspor meja ke Pakistan," ungkap Heru. (sol)



Kamis, 11 Okt 2018, 21:58:54 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 104 View
Beli Ponsel Di Mall Ini Berhadiah Mobil
Rabu, 10 Okt 2018, 21:58:54 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 67 View
Remaja Milenial Jogja Diajak Kreatif
Tuliskan Komentar