atas

Kapolda Janjikan Hal Ini Setelah Kenaikan Tipe

Kamis, 06 Des 2018 | 21:09:37 WIB, Dilihat 1053 Kali - Oleh Rosihan Anwar

SHARE


Kapolda Janjikan Hal Ini Setelah Kenaikan Tipe Brigjen Polisi Ahmad Dhofiri bersama sejumlah pejabat utama Polda, Rabu (05/12/2018) ketika meninjau gladi kotor Upacara Kenaikan Tipologi Polda. (Rosihan Anwar/koranbernas.id)

Baca Juga : Penelitian Kampus jadi Potret KB


KORANBERNAS.ID--Menteri PAN RB, Syafruddin, ketika berkunjung ke Yogyakarta pada 23 Oktober 2018, sempat melontarkan janji kenaikan status tipologi Polda DIY. Hal itu akhirnya terwujud Desember ini.

Polda DIY kini resmi naik tingkat, dari yang sebelumnya bertipe B kini menjadi Polda bertipe A.

Kapolda Brigjen Polisi Ahmad Dhofiri menyebutkan, Polda DIY lolos verifikasi yang dilakukan Mabes Polri dan Kementerian PAN RB dengan skor yang melebihi ambang batas.

“Kenaikan tipologi Polda didasari peraturan kepolisian dan ada sembilan dimensi serta 46 indikator. Dari penilaian itu, untuk menjadi Polda tipe A skornya harus 4.500,” katanya.

Artinya, jajaran Polda DIY dianggap memberikan pelayanan yang prima sesuai dengan slogan yang digaungkan Polri yaitu Promoter, yang merupakan singkatan dari Profesional, Modern dan Terpercaya. Nilai hasil verifikasi yang didapat Polda DIY juga merupakan yang tertinggi.

“Alhamdulillah setelah tim turun, apakah itu dari Mabes Polri maupun Kemenpan RB, skor kita waktu kunjungan (tim verifikasi) terakhir ada di skor 6.100, jadi memang jauh dari angka rata-rata,” ujar Kapolda, Kamis (06/12/2018) saat menyaksikan gladi bersih, di Mapolda DIY.

Tak hanya dari hasil verifikasi yang dilakukan Mabes Polri dan Kemen Pan untuk kenaikan tipologi Polda, hasil survey internal Polri juga menunjukkan angka Indeks Persepsi Kepolisian Polda DIY menduduki peringkat kedua secara nasional.

Prestasi yang luar biasa itu menunjukkan, kinerja jajaran Polda yang baik dalam memberi pelayanan kepada masyarakat sekaligus perlindungan kamtibmas.

“Kalau untuk indeks persepsi, kita rata-rata di angka 83. Tapi sewaktu dirilis bulan Juli kemarin, sebelum HUT Polri, kita naik ke peringkat 2 nasional di bawah Polda Sulawesi Barat. Angka kita juga cukup tinggi 92 persen,” tuturnya.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian pun akan memimpin langsung Upacara Kenaikan Tipologi Polda yang akan berlangsung Jumat (07/12/2018).

Namun, bagaimana komitmen jajaran Polda atas kenaikan status itu? Brigjen Polisi Ahmad Dhofiri yang sebentar lagi akan menyandang tanda kepangkatan bintang 2 menyatakan, peningkatan kualitas pelayanan menjadi prioritas jajarannya.

“Ini dia, yang harus kita lakukan dengan kenaikan tipologi harus diimbangi dengan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat,” ungkapnya.

Kapolda menilai kenaikan tipologi bukan hanya persoalan kenaikan pangkat, tunjangan ataupun personel, tetapi juga harus dibarengi tanggung jawab besar untuk semakin baik dalam melayani masyarakat.

“Kenaikan tipe Polda ini bukan masalah Kapoldanya naik pangkat, kemudian menjadi tipe A. Sedangkan tantangan terberat kita adalah dengan naik tipe berarti pelayanan kepada masyarakat harus lebih baik lagi dari yang sudah baik saat ini,” tandasnya.

Kabid Humas Polda DIY AKBP Yuliyanta mengamini pernyataan Kapolda bahwa pelayanan kepada publik harus menjadi perhatian bagi seluruh jajaran Polda dari tingkat atas hingga bawah.

“Kalau jajarannya hampir sama yang, bidang-bidangnya juga sama. Tapi yang terpenting itu pelayanan kepada masyarakat,” terangnya. (SM)



Kamis, 06 Des 2018, 21:09:37 WIB Oleh : Arie Giyarto 196 View
Penelitian Kampus jadi Potret KB
Kamis, 06 Des 2018, 21:09:37 WIB Oleh : Rosihan Anwar 56 View
BPJ Miliki Cukup Modal Puncaki Klasemen di Seri II IBL
Kamis, 06 Des 2018, 21:09:37 WIB Oleh : Sari Wijaya 140 View
Tidak Pada Tempatnya, APK Dirazia

Tuliskan Komentar