ka-prioritas-pilihan-nyaman-liburan-akhir-tahunDirektur Utama PT KA Pariwisata, Totok Suryono saat menunjukkan fasilitas kereta kelas priority kepada media di Stasiun Tugu Yogyakarta, Rabu (11/12/2019). (muhammad zukhronnee ms/koranbernas.id)


ronnee

KA Prioritas, Pilihan Nyaman Liburan Akhir Tahun


SHARE

KORANBERNAS.ID -- Libur Natal dan Tahun baru sudah menjadi saat yang ditunggu-tunggu, tak hanya para muda-mudi Backpacker dan Traveller, keluarga pun sudah mencatat beberapa kota terutama di Pulau Jawa sebagai salah satu tujuan untuk menghabiskan akhir tahun.

Kereta Api masih merupakan sarana transportasi yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Fasilitas yang kian baik dan kenyamanan istirahat dalam perjalanan membuat armada ini dipilih.

PT KAI menaruh perhatian khusus untuk keberangkatan maupun tujuan Yogyakarta sebagai kota tujuan wisata. Hal ini membuat PT KAI kembali meluncurkan Kereta Wisata kelas Priority. Kereta kelas priority yang disematkan pada gerbong KA Fajar Utama Yogya dan KA Senja Utama Yogya tersebut memiliki kapasitas 30 tempat duduk.

Operasional perdana akan diberangkatkan pada Jumat (13/12/2019) dan seterusnya beroperasi setiap hari. Ka Fajar Utama Yogya berangkat pukul 07.00 WIB dan KA Senja Utama Yogya berangkat pukul 19.55 WIB. Kedua rangkaian tersebut memiliki tujuan akhir di Stasiun Pasar Senen Jakarta.

Menurut Direktur Utama PT KA Pariwisata, Totok Suryono, sebagian besar permintaan kereta wisata ialah dari Jakarta dan Yogya. Sedangkan sistem sewa atau carter 80 persen memiliki tujuan ke Yogyakarta.

"Ini menjadi dasar bagi kami meluncurkan kereta kelas priority pada rangkaian kereta milik Daop 6 Yogya, yakni pada KA Fajar Utama Yogya dan KA Senja Utama Yogya," jelasnya kepada media di Stasiun Tugu Yogyakarta, Rabu (11/12/2019).

Totok menambahkan, dengan adanya kereta kelas priority tersebut maka kini penumpang dari Yogyakarta bisa memperoleh beragam pilihan. Mulai dari kelas ekonomi, bisnis, eksekutif, luxury hingga priority. Khusus kelas priority, sejumlah fasilitas yang diberikan ialah makan dan minum, hiburan di setiap kursi, wifi, serta minibar dengan aneka kopi, teh dan snack gratis.

"Penumpang juga bisa menunggu di executive lounge dengan menunjukkan boarding pass dan KTP. Harga tiket kami berikan promo yakni mulai dari  Rp 600.000," imbuhnya.

Mulai saat ini pemesanan tiket kelas priority pada KA Fajar Utama Yogya dan KA Senja Utama Yogya sudah bisa dilakukan dari berbagai aplikasi. Mulai dari KAI Access, minimarket, pemesanan online maupun loket stasiun. Totok mengaku, pihaknya sengaja mengoperasikan perdana kelas priority pada akhir pekan jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), seiring tingginya okupansi pada momentum tersebut.

Sementara Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogya Eko Budiyanto, menyambut baik hadirnya kelas priority. Dirinya pun optimis ke depan akan sangat diminati oleh wisatawan yang hendak menuju Yogyakarta atau berangkat dari Yogyakarta.

Terkait angkutan Nataru tahun ini, menurut Eko rangkaian kereta tambahan mengalami pengurangan dibanding tahun lalu. Pada tahun lalu ada delapan KA tambahan, sedangkan tahun ini hanya lima KA tambahan. "Jumlahnya memang berkurang. Namun itu sudah mempertimbangkan okupansi. Apalagi dengan jadwal baru, kereta yang melintasi Yogya setiap harinya bertambah banyak," katanya.

KA tambahan untuk angkutan Nataru tersebut ialah KA Argolawu, Taksaka, Sancaka, Dwipangga, dan Lodaya. Total okupansi KA tambahan tersebut mencapai 4.852 kursi setiap hari yang dioperasikan pada 19 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020.

Adapun jadwal kereta priority yaitu; keberangkatan dari Stasiun Tugu Yogyakarta; pada KA Fajar Utama YK Priority (KA 145P) relasi Yogyakarta - Pasar Senen pada pukul 07.00 - 15.11 WIB dan KA Senja Utama YK Priority (KA 147P) relasi Yogyakarta - Pasar Senen adalah pukul 19.05 - 03.01 WIB. Keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen; pada KA Fajar Utama YK Priority (KA 146P) relasi Pasar Senen - Yogyakarta adalah pada pukul 07.20 - 15.29 WIB dan KA Senja Utama YK Priority (KA 146P) relasi Pasar Senen - Yogyakarta adalah pukul 18.55 - 03.07 WIB. (yve)


TAGS:

SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini