atas

Jogja Itu Indah dari Atas

Kamis, 04 Apr 2019 | 23:17:09 WIB, Dilihat 335 Kali - Oleh Yvesta Putu Sastrosoendjojo

SHARE


Jogja Itu Indah dari Atas Lulut Wahyudi dan istrinya, Dian Saptika terbang mengitari Yogyakarta dan sekitarnya dari pesawatnya, beberapa lalu. (istimewa)

Baca Juga : Melihat Kiprah KSM Alam Lestari Tangani Sampah


KORANBERNAS.ID -- Siapa tak tahu keindahan Yogyakarta. Daerah istimewa ini memiliki landscape yang luar biasa untuk dieksplorasi tak hanya dari darat namun juga dari udara.

Keindahan alam mulai dari ujung selatan hingga utara Yogyakarta seperti jejeran pantai di Kulonprogo, Bantul dan Gunungkidul, bangunan-bangunan yang menjulang tinggi di Kota dan Sleman hingga megahnya Gunung Merapi, Prambanan dan Monumen Jogja Kembali di sisi utara sayang untuk dilewatkan pemandangannya dari atas.

Lulut Wahyudi, builder asal Yogyakarta mencoba mengabadikan ragam keindahan Yogyakarta dari pesawat Light Sport Aircraft - LSA miliknya. Memiliki nama udara JFOX 45, Lulut yang biasanya banyak melakukan perjalanan darat dengan motornya, kini membagi pengalaman terbangnya mengitari Yogyakarta dan sekitarnya lewat vlognya Lulut Retro dari pesawat terbangnya.

"Tujuan saya belajar terbang selama setahun terakhir ini memang ingin melihat keindahan alam dari atas dan membaginya pada semua orang. Pertama kali saya ingin mengenalkan betapa indahnya jogja dari atas," ungkap Lulut saat berbincang dengan wartawan di Bebek Balap Resto, Selasa (2/4/2019) lalu.

Pemandangan menakjubkan bisa dilihat lebih nyata karena Lulut berada di ketinggian antara 1.500 hingga 3.000 kaki setiap terbang. Sebut saja saat dirinya

Sebut saja saat perjalanannya di rute penerbangan Yogyakarta ke Borobudur. DI sepanjang jalan di kawasan Muntilan, dia melihat hamparan sawah yang tak kalah indah dari Ubut, Bali. Bahkan di sepanjang perjalanan, dia melihat lekukan Sungai Progo yang dihiasi pohon hijau di kiri kanan laiknya Sungai Amazon di Brazil.

"Sunga progo kalau dilihat dari atas benar-benar meliuk-liuk seperti sungai amazon. Ini yang tidak mungkin kita lihat kalau dari pesawat komersil karena terbang diatas 30.000 kaki," jelasnya.

Dari sisi selatan, Lulut dalam vlognya membagikan landscape pantai selatan Yogyakarta. Seperti tebing-tebing dan Pantai Selatan Jogja yang dilihat dari angle yang berbeda. Dari atas, banyak gua raksasa diantara tebing yang indah untuk dinikmati.

Dari sisi barat, Lulut terbang melintas bandara baru yang tengah dikebut pembangunannya, New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo. Bandara yang dalam tahap pengerjaan ini mampu diabadikan Lulut dari atas beberapa waktu lalu.

Karenanya melalui vlog yang kini sudah dilihat lebih dari 11 ribu serta akun Instagram lulut_retro dengan 28 ribu lebih follower, suami Dian Saptika ini berupaya mengembangkan aerowisata. Tak ketinggalan mengenalkan dunia kedirgantaraan pada generasi milenial melalui pengalamannya di udara.

Untuk memaksimalkan hobinya, Lulut tengah merakit pesawat kustom yang tidak hanya bisa landing atau take off di jalan beraspal namun juga di kawasan-kawasan yang cukup sulit dijangkau pesawat biasanya.

"Saya ingin tidak hanya mengeksplor keindahan jogja namun juga daerah-daerah lain," imbuhnya.(yve)

 


Video Terkait:



Kamis, 04 Apr 2019, 23:17:09 WIB Oleh : Masal Gurusinga 404 View
Melihat Kiprah KSM Alam Lestari Tangani Sampah
Kamis, 04 Apr 2019, 23:17:09 WIB Oleh : Endri Yarsana 265 View
Tiara Kusuma Baksos Potong Rambut Massal
Kamis, 04 Apr 2019, 23:17:09 WIB Oleh : Endri Yarsana 310 View
Gedung Wisnu Parakan Saksi Kejayaan Masa Lalu

Tuliskan Komentar