atas

Jangan Khawatir, Harga Daging Sapi Stabil

Rabu, 15 Mei 2019 | 14:47:48 WIB, Dilihat 132 Kali - Oleh Sari Wijaya

SHARE


Jangan Khawatir, Harga Daging Sapi Stabil Bupati Bantul Drs H Suharsono melakukan pemantauan stok dan harga daging sapi serta sembako di Pasar Bantul, Rabu (15/5/2019). (Sari Wijaya/koranbernas.id)

Baca Juga : Kenali Jejak Rekam Bencana dengan Jejak Medis


KORANBERNAS.ID--Memasuki hari ke 10 Ramadan, Bupati Bantul bersama Tim Pemantau  Inflasi Daerah (TPID) DIY melakukan pemantauan  stok dan harga daging sapi serta sembako di pasar Bantul, Rabu (15/5/2019). Diantaranya tim mendatangi kios  distributor daging sapi “Sumilir” di sebelah selatan Pasar Bantul.
         
“Inflasi yang terkendali merupakan salah satu syarat dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang stabil. Oleh karena itu menjadi peran dan tanggung jawab kita bersama untuk bisa menjaga dan mengendalikan terjadinya inflasi sehingga tidak terjadi penurunan daya beli masyarakat,”kata Bupati.
    
Penanganan inflasi yang selama ini hanya melihat di pasar  harus diubah dan dimulai dari sektor produksi. Maka TPID tidak boleh hanya membahas harga, tapi tidak menyentuh penyebab kenaikan harga. Untuk itulah TPID harus bekerja dari hulu ke hilir.

“Dan dalam rangka tujuan mulia itu, kita harus intens turun ke lapangan sehingga harga kebutuhan pokok dan komiditas strategis lainya dapat terkendali,”katanya.
    
Sementara Novi Setyawan  pemilik kios daging “Sumilir” mengatakan stok daging sapi hingga saat ini masih aman dan mencukupi serta belum ada peningkatan permintaan.

“Stok aman, permintaan masih seperti biasanya,”kata Novi.  Untuk harganya juga masih stabil yakni kualitas super atau nomor satu  Rp 120.000 per kilogram dan kualitas nomor dua Rp 100.000 per kilogram.  Dalam sehari biasanya mereka menjual daging satu kuintal.Ketika mendekati lebaran biasanya baru  ada kenaikan di kisaran Rp 135.000.

“Biasanya kenaikan harga daging  mulai  H-4 lebaran,” katanya.  

Adapun daging yang dijual didatangkan dari  Rumah Potong Hewan (RPH) Segoroyoso yang kualitasnya terjamin.
    
Sementara Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan  Ir Pulung Hariyadi mengatakan RPH Segoroyoso setiap hari memotong 15 -20 sapi setiap hari. Sapi tersebut dipotong untuk menyuplai kebutuhan konsumsi daging di Kabupaten Bantul dan di DIY. (yve)



Rabu, 15 Mei 2019, 14:47:48 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 98 View
Kenali Jejak Rekam Bencana dengan Jejak Medis
Rabu, 15 Mei 2019, 14:47:48 WIB Oleh : Sari Wijaya 200 View
Kampus Ini Berbagi dengan Anak Yatim
Rabu, 15 Mei 2019, 14:47:48 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 133 View
Ingin Desa Wisata Maju? Kadernya Harus Melek

Tuliskan Komentar