atas1

Jalan Halus Hanya Enak untuk Ngebut

Selasa, 30 Okt 2018 | 21:29:44 WIB, Dilihat 570 Kali - Oleh Sri Widodo

SHARE


Jalan Halus Hanya Enak untuk Ngebut Kadinas BPMDKB Kulonprogo menjelaskan program bursa inovasi desa. (sri widodo/koranbernas.id)

Baca Juga : Tangkal Hoaks, GRJ Siap Menangkan Jokowi-Amin


KORANBERNAS.ID -- Pembangunan yang hanya fokus bidang infrastruktur ternyata hasilnya kurang dapat mempercepat kemajuan ekonomi masyarakat desa. Seharusnya bidang ekonomi desa memperoleh tempat strategis pada penganggaran APBDes.

Hal ini diungkapkan konsultan pendamping Program Inovasi Desa (PID),  Danang K, kepada wartawan di Wates, Selasa (30/10/2018).

"Memang pembangunan jalan yang bagus dan jalan yang halus enak untuk ngebut. Namun kurang dapat mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat di pedesaan," kata Danang.

Penjelasan PID yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan KB Kulonprogo (PMDKB) didampingi Dinas PMD DIY kali ini tujuannya untuk optimalisasi dana desa yang.

Menurut Danang, gelaran Bursa Inovasi Desa di Kulonprogo mampu menginspirasi desa-desa supaya melakukan inovasi kegiatan yang dapat mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat.

Kepala Dinas PMDKB Kulonprogo, Sudarmanta MSi,  menyatakan Bursa Inovasi Desa di Kulonprogo dijadwalkan berlangsung 3 November 2018 di GOR UNY.

"Kita undang semua kades, BPD dan tokoh masyarakat. Kita berikan contoh kegiatan inovatif beberapa desa, agar memberikan inspirasi desa-desa ikut melakukan inovasi sesuai potensi tiap-tiap desa," katanya.

Menurut dia, inovasi kegiatan antara satu desa dengan desa yang lain tidak sama. Artinya, kegiatan harus disesuaikan potensinya, baik potensi alam, geografi maupun sumber daya manusia.

Dia mengakui, dana LKM yang pernah dibagikan ke desa-desa sebagian besar baru dipakai untuk perkreditan. “Belum banyak yang digunakan usaha di luar keuangan. Ada beberapa desa sudah melakukan inovasi misalnya bidang pariwisata, kuliner hingga peternakan,” jelasnya.

Sudarmanta bahkan mengakui ada desa yang salah mengelola dana, saat ini menjadi sorotan inspektur daerah maupun dinas. (sol)



Jumat, 12 Okt 2018, 21:29:44 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 1134 View
Tangkal Hoaks, GRJ Siap Menangkan Jokowi-Amin
Kamis, 11 Okt 2018, 21:29:44 WIB Oleh : Nila Jalasutra 590 View
Buku Cerita Rakyat Ini Bersumber dari Kitab Jawa Kuno
Selasa, 09 Okt 2018, 21:29:44 WIB Oleh : Nila Jalasutra 439 View
Sejumlah 23 Helm Dibagikan Gratis

Tuliskan Komentar