atas1

Ini Pesan Sekda untuk Para Pemuda Bantul

Rabu, 03 Jun 2020 | 13:55:42 WIB, Dilihat 277 Kali
Penulis : Sari Wijaya
Redaktur

SHARE


Ini Pesan Sekda untuk Para Pemuda Bantul Syawalan virtual  DPD KNPI Bantul. (istimewa)

Baca Juga : Kapolda DIY Resmikan Kampung Kulo Siaga, Kawal Penyaluran Bansos Covid-19


KORANBERNAS.ID,BANTUL – Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Drs Helmi Jamharis MM berpesan agar para pemuda di kabupaten ini mengambil peran di masyarakat. Mereka perlu memberikan pemahaman cara mencegah penyebaran Virus Corona, seperti menjaga jarak, pakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menghindari kegiatan yang mengundang massa.

“Juga bagaimana memberikan edukasi agar masyarakat bisa bersabar dalam kondisi yang ada. Tetap produktif dengan berbagai keterbatasan serta melakukan inovasi usaha agar ekonomi tetap berputar,” ujarnya saat acara syawalan dan dialog yang diselenggarakan KNPI Bantul, Selasa (2/6/2020).

Syawalan virtual ini juga diikuti Ketua DPD KNPI DIY Fitroh Nurwijoyo Legowo, Ketua DPD KNPI Bantul Muhammad Farid Hadiyanto  SE dan dipandu Sekretaris DPD KNPI Bantul, Durori SPdI MPd.

Sekda menegaskan pemuda bisa memaksimalkan bisnis atau penjualan online agar usaha tetap jalan, namun interaksi secara fisik bisa dikurangi.

“Pemuda bisa ikut membantu mereka yang belum familiar dengan usaha online untuk bisa dikenalkan. Juga bagaimana pemuda ikut menggali potensi yang ada di sekitarnya sehingga memberikan manfaat yang maksimal bagi  masyarakat setempat,” katanya.

Menghadapi rencana new normal atau kenormalan baru  maka pemuda harus memiliki peran di dalamnya. Yakni bagaimana  ikut membantu kesulitan warga, berperan memulihkan ekonomi di tengah pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Karena dampak Covid-19 memang membuat banyak sektor terhempas ke  titik nadir misal produksi terganggu, pengurangan tenaga kerja hingga  penjualan produk anjlok dan lesu.

Untuk itulah diperlukan formula dan upaya untuk menyelesaikan persoalan  ekonomi ini dan pemuda berperan dengan menggali potensi yang ada.

Muhammad  Farid Hadiyanto SE di kantor DPD KNPI Bantul menyatakan, syawalan dan dialog ini digelar dalam rangka tetap menjalin silaturahmi di tengah pandemi Covid-19.

“Semoga ini menjadi penyemangat juga, menjadi sarana untuk merekatkan kebersamaan dalam rangka bersama-sama kita menghadapi wabah  yang ada,” katanya.

Sedangkan Fitroh Nurwijaya  mengatakan, KNPI  bisa ikut berperan dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Misalnya bagaimana melakukan pemberdayaan potensi desa untuk ketahanan pangan.

Ketahanan pangan, menurut Fitroh sangatlah penting demi keselamatan, kesehatan dan keberlangsungan hidup warga. Tanah di desa, agar ditanami dengan hal yang produktif sehingga ketersediaan pangan bisa mencukupi.

“Tanah yang subur di desa dan juga dukungan pengairan yang baik, saya rasa menjadi potensi yang harus digarap secara maksimal,” katanya. (sol)



Rabu, 03 Jun 2020, 13:55:42 WIB Oleh : Sholihul Hadi 225 View
Kapolda DIY Resmikan Kampung Kulo Siaga, Kawal Penyaluran Bansos Covid-19
Selasa, 02 Jun 2020, 13:55:42 WIB Oleh : Sari Wijaya 399 View
Kuliah Online Jangan Dianggap Beban
Selasa, 02 Jun 2020, 13:55:42 WIB Oleh : Nanang WH 2730 View
Masker untuk Menutup Hidung dan Mulut Bukan Dikalungkan di Leher

Tuliskan Komentar